cara mengatasi sepeda motor mati adalah sebagai berikut
pertama
cabut kabel busi motor anda tempelkan pada body besi motor anda lalu stster motor anda ,bila saat di stater kabel mengeluarkan bunga api,
copot busi anda lalu pasang pada kabel busi anda tadi kemudian tempelkan busi pada bodi motor lalu coba stater motor anda bila busi tak mengeluarkan api berarti penyebabab motor anda mati adalah busi anda ,ganti busi anda ,namun sebelumnya periksa busi anda bila pada celah busi penuh lotoran maka bersihkan maka motor anda akan kembali hidup.
kedua
jika saat kabel busi di tempelkan ke body lalu di starter tak keluar bunga api pada kabel businya ,di pastikan matinya motor anda karena pengapian bermasalah ,mungkin bagi pemirsa yang awam terhadap otomotif akan bertanya pengapian fungsinya untuk apa ?
pengapian motor
pengapian pada mesin enggin berbahan bakar bensin berfungsi untuk menyulut bensin yang tertekan oleh piston atau seker agar terjadi ledakan untuk menghasilkan tenaga, sobat ketrampilan teknik jangan puyeng dulu ,nih akan saya uraikan sedikit sistem motor bisa bekerja .
saat anda menstarter motor maka gerakan dinamo motor anda akan memutar kurk as dan akan menggerakkan seker maju dan mundur ,saat seker mundur dia akan menghisap bensin dan angin ,dan saat seker maju maka katup akan menutup pintu karburator sehingga bensin dan angin akan tertekan doleh seker tadi karena tekanan cukup tinggi maka saat itu ruangan jadi panas dan pas seker menekan dengan tekanan paling puncak keluarlah bunga api dan akhirnya terjadilah ledakan duoor nah hal ini akan menimbulkan hentakan hingga sekerterpental kebelakang lagi ,hentakan inilah yang di gunakan untuk memutar gigi gi motor hingga memutar roda motor anda,semoga anda paham sekarang fungsi dari pengapian.
oke di lanjut ke pokok pembahasan,nah jika kabel busi tak mengeluarkan bunga api ,maka sekarang kita cek koilnya pada koil tersebut akan ada tiga kabel
1 kabel busi kabelnya besar
2 kabel ground warnaya hijau
3 kabel dari cdi nah anda copot kabel yang dari cdi ini lihat gambar
lalu tempelkan ke bodi motor kemudian anda starter ulang jika saat di start kabel keluar bunga api di pastika koil anda bermasalah ganti dan pasang [ MUDAHKOK PEMASANGANYA TINGGAL MENIRU KOIL ASLINYA }.
namun saat anda starter kabel tak mengeluarkan bunga api sekarang cek CDI nya ,caranya cabut kabel dari spul lihat pada blok mesin sebelah kanan diatasnya akan ada beberapa kabel yaitu kabel lampu dll ,dan ada satu kabel yang terpisah dari lainya nah inilah kabel spulnya
copot kabel ini lalu tempelkan pada bodi motornya lalu starter jika saat di starter kabel keluar api di pastikan CDI bermasalah maka ganti lalul pasang untuk honda paling yang standar cuma 30 sampai 40 000 perak,namun jika saat di stater kabel tak keluar bunga api di pastikan sepul putus solusinya ganti ,caranya buka blog mesin sebelah kanan lalu anda akan melihat beberapa sepul ,
spul sepul yang besar adalah sepul lampu sedang spul yang kecil adalah sepual pengapian copot sepul pengapian tadi gulung kembali atau belikan yang baru pasang maka motor anda siap di buat ngebut lagi.
ketiga
jika saat kabel dan busi keluar api maka berarti permasaahn bukan pada pengapianya selanjutnya buka tutup karburator lalu tutup dengan tangan lalu starter jika saat di starter tangan anda tak basah oleh bensin berarti permasalahan motor mati anda di karenakan bensin tak bisa masuk ke mesin motor anda .
solusinya
cek selang bensin dari tangkinya atau cek saringanya mungkin buntu bersihkan atau mungkin tengki motor anda kosong maka isi bensin kembali. maka motor anda siap di ajak cross sama rosi kembali he he.
namun jika saat anda tutup karburator dengan tangan lalu starter bensin keluar maka di pastikan mesin anda bermasalah kalo sudah mesin mending di bawa ke bengkel ,atau ikuti langkah memperbaikinya di bongkar pasang motor 4 tak, atau tunggu mengatasi sepeda motor mati jilid dua ,semoga bermanfaat salam
pertama
cabut kabel busi motor anda tempelkan pada body besi motor anda lalu stster motor anda ,bila saat di stater kabel mengeluarkan bunga api,
copot busi anda lalu pasang pada kabel busi anda tadi kemudian tempelkan busi pada bodi motor lalu coba stater motor anda bila busi tak mengeluarkan api berarti penyebabab motor anda mati adalah busi anda ,ganti busi anda ,namun sebelumnya periksa busi anda bila pada celah busi penuh lotoran maka bersihkan maka motor anda akan kembali hidup.
kedua
jika saat kabel busi di tempelkan ke body lalu di starter tak keluar bunga api pada kabel businya ,di pastikan matinya motor anda karena pengapian bermasalah ,mungkin bagi pemirsa yang awam terhadap otomotif akan bertanya pengapian fungsinya untuk apa ?
pengapian motor
pengapian pada mesin enggin berbahan bakar bensin berfungsi untuk menyulut bensin yang tertekan oleh piston atau seker agar terjadi ledakan untuk menghasilkan tenaga, sobat ketrampilan teknik jangan puyeng dulu ,nih akan saya uraikan sedikit sistem motor bisa bekerja .
saat anda menstarter motor maka gerakan dinamo motor anda akan memutar kurk as dan akan menggerakkan seker maju dan mundur ,saat seker mundur dia akan menghisap bensin dan angin ,dan saat seker maju maka katup akan menutup pintu karburator sehingga bensin dan angin akan tertekan doleh seker tadi karena tekanan cukup tinggi maka saat itu ruangan jadi panas dan pas seker menekan dengan tekanan paling puncak keluarlah bunga api dan akhirnya terjadilah ledakan duoor nah hal ini akan menimbulkan hentakan hingga sekerterpental kebelakang lagi ,hentakan inilah yang di gunakan untuk memutar gigi gi motor hingga memutar roda motor anda,semoga anda paham sekarang fungsi dari pengapian.
oke di lanjut ke pokok pembahasan,nah jika kabel busi tak mengeluarkan bunga api ,maka sekarang kita cek koilnya pada koil tersebut akan ada tiga kabel
1 kabel busi kabelnya besar
2 kabel ground warnaya hijau
3 kabel dari cdi nah anda copot kabel yang dari cdi ini lihat gambar
lalu tempelkan ke bodi motor kemudian anda starter ulang jika saat di start kabel keluar bunga api di pastika koil anda bermasalah ganti dan pasang [ MUDAHKOK PEMASANGANYA TINGGAL MENIRU KOIL ASLINYA }.
namun saat anda starter kabel tak mengeluarkan bunga api sekarang cek CDI nya ,caranya cabut kabel dari spul lihat pada blok mesin sebelah kanan diatasnya akan ada beberapa kabel yaitu kabel lampu dll ,dan ada satu kabel yang terpisah dari lainya nah inilah kabel spulnya
copot kabel ini lalu tempelkan pada bodi motornya lalu starter jika saat di starter kabel keluar api di pastikan CDI bermasalah maka ganti lalul pasang untuk honda paling yang standar cuma 30 sampai 40 000 perak,namun jika saat di stater kabel tak keluar bunga api di pastikan sepul putus solusinya ganti ,caranya buka blog mesin sebelah kanan lalu anda akan melihat beberapa sepul ,
spul sepul yang besar adalah sepul lampu sedang spul yang kecil adalah sepual pengapian copot sepul pengapian tadi gulung kembali atau belikan yang baru pasang maka motor anda siap di buat ngebut lagi.
ketiga
jika saat kabel dan busi keluar api maka berarti permasaahn bukan pada pengapianya selanjutnya buka tutup karburator lalu tutup dengan tangan lalu starter jika saat di starter tangan anda tak basah oleh bensin berarti permasalahan motor mati anda di karenakan bensin tak bisa masuk ke mesin motor anda .
solusinya
cek selang bensin dari tangkinya atau cek saringanya mungkin buntu bersihkan atau mungkin tengki motor anda kosong maka isi bensin kembali. maka motor anda siap di ajak cross sama rosi kembali he he.
namun jika saat anda tutup karburator dengan tangan lalu starter bensin keluar maka di pastikan mesin anda bermasalah kalo sudah mesin mending di bawa ke bengkel ,atau ikuti langkah memperbaikinya di bongkar pasang motor 4 tak, atau tunggu mengatasi sepeda motor mati jilid dua ,semoga bermanfaat salam
Tips yg baik
ReplyDeletetapi aku lum memiliki motor :)
he he buat tambah wawasan aja mbak kalo gitu
Deletewah jago mesin juga ya rupanya..
ReplyDeletetapi klau sudah membuka kalbulator rasanya harus sering main kesini biar bisa ngebalikinnya , hehe maklum gaptek
haha boleh boleh rekan wisata dengan senag hati blog ini terbuka lebar menyambut kunjungan anda
ReplyDeletedetil sekali mas dalam menerangkan mengatasi sepeda motor yang mati. jadi harus urut ya mas supaya bisa diketahui pasti penyebab mesin tidak mau hidup
ReplyDeletehaha profesi mas dulu sebelum terjun ke teknisi ponsel tiap hari ya belepotan oli motor mas
ReplyDeleteAhli mekanik motor mas...
ReplyDeleteEnak bisa otakatik sendiri, nggak perlu kebengkel...makasih tipsnya, moga sukses
Saya bisa bongkar, nggak bisa balikinnya :))
he he tips di atas tak perlu pasang bongkar eh bongkar pasang mas karena bersifat ektenal enggin kecuali spul nya memang harus bukak penutup nya mas
ReplyDeletesaya punya motor supra tahun keluaran 2000 an,.. bandel persis seperti yang di sebutkan,suka mati dan terkadang tidak mau bunyi,terkadang juga banjir sekalipun sudah ganti jarum kaburator,...hem penjelasannya kayaknya panjang dan lengkap,saya bookmark gan,informasinya penting semua nih
ReplyDeleteterimakasih atas kepercayaanya mas zulham
Deletebegini mas,.... sekarang ini musim hujan,belalang tempur saya ini,paling tidak suka kena air,kalau terkena air entah air hujan atau karena di cuci pasti tidak mau bunyi,saya pikir karena kabel businya basah,setelah saya keringkan akhirnya bisa bunyi juga,tapi yang membuat saya heran,kenapa motor tetangga saya yang jenis,merek dan tahun rakitnya sama tidak seperti itu,mau hujan atau di siram tetap bisa bunyi,saya periksa di bagian busi sama juga pake kabel juga (hehehe),penutup busi dan lain2,... itu masalahnya apa ya mas,..?
Deletecoba ganti penutup kabelnya mas ,ini yang paling sering jadi penyebab
Deleteups salah ketik ,maksud saya penutup busi
Deletewah ,,,, sy sih klo urusan motor ,,, tak baw kebengkel dulu ..... soalnya belum tahu tehnisinya ,,,,, :)
ReplyDeleteSalam Sukses Mulia ,,,,
sama sama mas fiu
DeleteSaya nggak tau tuh kalo urusannya udah bagian dalemannya motor. Langsung bawa bengkel deh.. hehehe
ReplyDeletelangkah cepat itu mas he he
DeleteArtikelnya kebalik balik tuh
ReplyDeletemaaf maksudnya kebalik bagaimana ya ,terima kasih atas infonya
DeleteKalo pas di starter tapi gak ngeluarin bunga api itu gimana, tapi businya fine" aja...?
ReplyDeletekemungkinan koilnya atau cdi atau spulnya mas coba ikuti langkah di atas secara bertahap namun jangan lupa cek dulu kontaknya
ReplyDeleteBang misi mw nnya dong...
ReplyDeleteknpa yh ttup busi mtor w ngluarin api kluar pdahal busi nyya bru w gnti... bkin mror w mati mlu nih...
kemungkinan tutup busi ada yang sobek atau retak massehingga terjadi loncatan bunga api keluar ,coba ganti tutup businya murah kok mas ,sebab jika tak di ganti akan mengakibatkan motor sering mati karena konsleting terutama saat terkena air .
Deletemet malam gan. klo sya punya motor supra klo di hidupin susah kali gan. sampai 5-6x slah baru hidup. mohon bantuannya gan?.....
ReplyDelete