Searching...
Tuesday, 10 June 2014

mengatasi lampu motor sering mati

mengatasi lampu motor sering mati perlu anda simak saat anda sedang kesal karena musti gonta ganti lampu motor hingga menguras isi kantong anda belun lagi saat anda berpergian anda buat lari kencang dikit motor langsung tep,,,, gelap karna putus lagi motornya ,nah jika saat ini anda sedang mengalaminya maka tepat jika anda masuk ke blogg sederhana ini ,karena admin akan berbagi tips cara mengatasi lampu motor sering mati .
penyebab lampu motor sering mati
ada beberapa sebab motor lampu sering mati
pertama
aki tak terpasang
beberapa motor kadang tak melengkapi motornya dengan aki ,terutama sistem pengapianya adalah ac,nah hal ini juga menjadi salah satu penyebab lampu sering mati apalagi motor motor yang sistem generatornya  menghasilkan arus yang lumayan besar ,maka saat motor di gas kencang tidak ada tempat pembuangan arus listrik yang berlebihan dampaknya motor lampu akan cepat panas dan mati,hal ini mungkin akan berbeda dengan motor yang sistem generatornya menghasilkan arus yang tak begitu besar seperti motor motor jadul dulu,
hal ini juga berlaku untuk kabel aki yang lepas dari akinya
solusinya
pasang aki anda walau sudah tak bisa menyimpan arus / kalau perlu perbaiki aki anda klik di sini
kedua
penyebabab lampu motor sering mati bisa juga karena konsleting pada jalur lampu,
konsleting pada jalur lampu selain membuat motor agak ngrendet ,juga berdampak kabel mudah melepuh dan lampu motor sering mati,
solusinya
 anda perlu cek jalu atau kabel lampu ini tentunya mulai generator ke aki hingga ke lampunya ,kabel konslet bisanya paling sering pada sambungan kabel yang hanya di sulasi dan biasanya akan terlihat melepuh atau agak gosong
ketiga
penyebab lampu sering mati bisa juga karena keproknya yang aus atau rusak ,
apa itu keprok ?

keprok merupakan suatu komponen kelistrikan motor yang berfungsi untuk merubah arus ac menjadi dc ,pada motor yang sistem pengapianya adalah arus dc kerusakan keprok ini juga bisa membuat motor mati,
solusinya ganti keprok anda dengan yang baru,maka masalah akan selesai cara mengganti keprok ini cukup mudah karena tinggal memasukkan ke terminalmnya.


45 komentar:

  1. bgitu rupnya ya Mas..!, mksi informasinya, palng kesal klw pas lg mw jalan malam..:)

    ReplyDelete
  2. kalau cuma sebelah yang sering mati, kira-kira apanya bos?

    ReplyDelete
  3. kemungkinan konslet pada pitinganya mas

    ReplyDelete
  4. dulu kaca lampu motor saya malah pecah mas, soalnya jatuh hehehe tapi untug saja lampunya masih hidup, jadi hanya beli kaca lampunya saja ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting penggunanya selamat mbak

      Delete
  5. motor saya banget ini mas, sudah lama aki soak, jadi motor saya biarkan saja tanpa aki, karena itu lampu jadi sering mati

    ReplyDelete
  6. Cocok banget yang suka ngeluyur malam

    BTW salam blogwalking dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  7. Kalau tahu penyakitnya pasti mudah ya cara memperbaikinya :)

    ReplyDelete
  8. kebetulan masih lancar lampu motor punya saya, tapi lampu sennya yg kadang ngga bener..

    ReplyDelete
  9. Selama ini aku gak pernah ngurusi soal motor ... apalagi lampu motor ... selama sering dateng ke sini jadi tahu kalau punya sesuatu itu harus tahu juga kelemahannya dan cara mengatasi kelemahan tersebut ........... thanks ya sharingnya

    ReplyDelete
  10. kebetulan saya belum pernah ngalamin, tapi kalau suatu hari ada masalah sperti ini, jadi tau cara mengatasinya.. :)
    salam kenal maz ali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga untuk mbak april terimakasih atas kunjunganya

      Delete
  11. Belum ngalami
    tapi tipsnya disimpan di memori
    pasti berguna suatu hari

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat waktu masih punya motor mas, lampunya sering mati, apalagi kalau ngegasnya kekencangan. he,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  13. maka dari itu kami bahs di sini mas

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah motor saya belum mengalami kayak gitu. hehehe :D
    Nice info sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas dian semoga bermanfaat

      Delete
  15. Belum pernah ngalamin masalah itu gan. Ya moga aja nggak pernah. Kalo pernah, di sini solusinya ya :D

    ReplyDelete
  16. terima kasih nih mas
    bisa jadi tabungan ilmu nih..buat swaktu2 gunainnya :)

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. itu yang kami harapkan mbak nathali

      Delete
  18. Artikel ini pasti bermanfaat bagi pengendara motor tapi masih bingung kalau mendapati lampu motornya sering mati. Tips yang bermanfaat Mas..

    ReplyDelete
  19. solusi yang paling bagus memang serahkan bengkel ya mas, tapi harus siap uang banyak :D

    ReplyDelete
  20. mas boleh nanya alat elektronik apa yg buat nahan lampu tadi andai tidak beli kiprok,, sbb ada kiprok saya bongkar,, ada dua skema,, 1, diode (1 buah itu saja) bentuk kaya roda itu digunakan unt pengisian aki,,
    2. rangkaian lenkap ada diode/kiprok, scr, diode zener, resisitor dll,, itu berfungsi malah untuk penahan lampu besar,,
    Heran saya,,, jadi gimana ya sebenarnya fungsi kiprok terpenting itu untuk DC pengecasan atau penghambat arus lampu besar
    MOhon maaaf banyak nanya.
    Oh iya kiprok saya merek STRONG, penutup rangkaian dari bahan karet transparan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saudara anymous yang terhormat terimakasih atas kepercayaanya kepada kami ,sayang rekan annonymous tak menyebutkan namanya ,he he tapi ndak apa .
      secara umum fungsi dari kiprok adalah merubah arus dari ac menjadi dc kemudian arus yang telah berubah menjadi dc tersebut akan di teruskan ke accu atau aki .
      hal ini sesuai dengan keprok yang anda lihat pada keprok nomer satu yang anda sebutkan di atas.
      mengenai keprok yang nomer dua yaitu keprok berjenis regulator rectifier / penyearah ,keprok semacam ii selain berfungsi sebagai perubah arus dari ac ke dc juga berfungsi sebagai penyetabil listrik ,tentunya keprok jenis ini akan lebih aman di gunakan untuk lampu lampu berjenis besar karena sudah di lengkapi penyetabil arus dan tentu lampu motor anda akan lebih awet karenanya .semoga bermanfaat

      Delete
    2. Mas sy bli sepeda tiger th 99 tp g da aki x lampunya cpet mati....maw tk ksik aki tp g tau cara xmbung x mas...kbel2 x bxk yg g ada..mhon soluainya mz

      Delete
    3. sistem kelistrikan tiger th 1999 menggunakan pengapian ac ,sistem pemasanganakinya ,jika masih ada kabel besar pada tempat aki nya yang warna merah ke positiv yang warna biru ke negativ nya, namun jika beberapa kabel hilang bahkan sampai kabel keproknya juga hilang ,saya sarankan ke bengkel aja mas ,sebab khawatir terjadi konsleting saat kliru pemasangan,terkecuali hanya satu atau dua kabel mungkin saya bisa memberi pengarahan ,sekedar saran jangan lah aki sampai di copopt mas walau akinya sudah mati sekalipun hal ini di karenakan saat keprok kelebihan arus aki inilah yang di jadikan tempat pembuangan arus tersebut dan jika aki tak ada maka keprok akan cepat mati ,dan jika keprok mati otomatis arus yang ke lampu akan menjadi ful ac dan saat di buat melaju kencang maka lampu motor akan sering mati ,jangan lupa belilah lampu yang standar sni seperti astra sebab harga selisih sedikit tapi terang dan daya tahanya pasti lebih lama jadi lampu motor anda tidak akan sering mati lagi

      Delete