Searching...
Saturday, 14 July 2012

mengatasi pompa air tak kuat memghisap

tips kali ini membahas pompa air ygtak kuat menghisap air atau  pompa air tak kuat menyedot air dari sumur, padahal mesin bagus leker tidak kocak,pralon tak bocor,tapi kok tak kuat mengalir ,seharusnya sekecil kecil nya pompa ia mampu menghisap air dari sumur dgn kedalaman 35 m ,bahkan lebih namun mengapa banyak yg memgalami dgn kedalaman 20 m aja banyak yg nggak kuat ngalir ,hal ini hanya karna arus listrik yg ndak kuat,untuk mengatasinya ganti kabel dgn kabel kawat ambil aruslangsumg dgn yg terdekat dari spedo meter ,danbuktikan air akan nyembur ..terbukti.namun bila tu pompa masih ngambek cuman keluarsuaranya saja sdg airnya malu tuk keluar ,hajar bro dengan jurus kedua ganti pralon yg agak kecil namun biasanya rata 2 yg penulis alami rata 2 pompa langsung nyembur dengan jurus kesatu.telahir jurus ke tiga bro ,hal ini kalo tu pompa masih juga ngambek ,cek bro sil isapnya , karna bila ada kerak atau daun kecil aja biasanya air jadi ndak mau keluar .agar lebih jelas masalah sil ini , maka ane sertain cara ganti sel isap pompa air .
pertama
buka tutup pompa
kedua
buka mur propoler
ketiga
tarik propoler dari poros
keempat
tarik pegas dan silisap dari poros rotor
ke empat
naah coba cek bro bila tu sill udah tipis ganti bro
 selamat mencoba bro salamm
dan bagi sobat yang ingin mrenjadi teknisi hp dengan biaya murah bermateri mewah clik link di bawah ini
http://finateknologicelluler.blogspot.com/2013/05/kursus-servis-hp-murah-berkualitas.html

33 komentar:

  1. kemarin kita juga lama kena kendala airkecil, maklum kemarau.... pompa pun menjadi kerja keras..... karna airnya jauh di bawah sana jika air dekat atau musim hujan.. pompa tidak akan terlihat begitu meski ada yang bocor kecil air atau onderdil nya ada yang sudah kurang baik tetap akan terlihat normal.//////kemarin saya bongkar semua kenapa mesin berputar normal dan air keluarnya kecil dan lemah saya bersihkan dan semua yang berhubungan dengan bagian berputar saya kasih bensin campur oli sekitar kelahar yang terakhir kelihatan nya adalah kerusakan " kincir " mungkin sering menggiling pasir atau tanah.

    ReplyDelete
  2. Ma kasih bro atas kunjunganya and thank atas infonya

    ReplyDelete
  3. makasih bro infonya , bermanfaat bgt nih

    ReplyDelete
  4. Thank' bro
    info yg bermanfaat ^^

    ReplyDelete
  5. ma kasih bulu@ telah mampir ke blog ini semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  6. allhamdulilah... hatur nuhun bewarana kang....

    ReplyDelete
  7. bro,,,...gimana cara buka (kipas)impeller nya??

    ReplyDelete
  8. rekan silver @ mudah ko membukanya

    ReplyDelete
  9. saudara ery @ semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Haloooooo,sy lg kesel nih,pompa air di rumah keluar air nya kecil bener..sy pake merk shimitzu dengan kedalaman sumur 12 meter,knp ya masalah nya dmn?

    ReplyDelete
  11. halo juga tatya ,melihat permasalahan anda saya yakin sambungan pralon anda dalam kondisi baik ,jika air yg keluar kecil mk ini bisa di sebabkan beberapa hal ,
    1 .laher / leker aus hingga mengakibatkan berputarnya mesin lamban so airnya pun jadi malu keluar kan
    2 . tutup kipas mewngganggu perputaran mesin tarik keluar dikit kalo0 emang ngganggu.
    3 .arus listrik kurang saran saya ganti kabel kawat carikan arus listrik terdekat dgn spedo meter slmt mencoba

    ReplyDelete
  12. Sekedar berbagi: saya punya sumur bor kedalaman 18 meter. Saya sedot sumur tsb dengan pompa air sanyo 125 watt, alhamdulillah airnya lancar. Pralon hisap saya pake 3/4". Utk mengisi 2 torn air @1000 liter diperlukan waktu kurang lebih 2 jam. Posisi pompa air sanyo dari lubang sumur 12 meter datar, ditambah kedalaman sumur 18 meter. Kelp hisap saya posisikan 10 cm dari dasar sumur. Tp saya tambah 2 kelp hisap lagi, 1 di 12 meter dari dasar sumur dan satu lagi 4 meter sebelum pompa sanyo. Kelp hisap pake yg kuningan. Alahmdulillah tidak ada kendala.

    ReplyDelete
  13. kalau suara mesin besar dan keras, bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu karna laher atau laker yg aus mas coba kasih oloi lakernya atau ganti aja murah kok mas

      Delete
  14. Saya punya masalah pompa interdab dya hisap 11m bisa hisap air pas d ganti dengan wasser 11m juga tpi gk bisa hisap
    Kenapa ya ?

    ReplyDelete
  15. maaf mas ricky mohon di perjelas pertanyaanya

    ReplyDelete
  16. numpang nanya ni mas..
    sya punya pompa shimizu p 135 e,pompa otomatis nyala trus,pipa tidak ada yg bocor,otomatis y masih bagus beli yg bru,small tank ada air y tp dah sya kuras
    tapi otomatis y bunyi trus dalam waktu singkat?minta bantuan y
    trim,s

    ReplyDelete
  17. numpang nanya ni mas..
    sya punya pompa shimizu p 135 e,pompa otomatis nyala trus,pipa tidak ada yg bocor,otomatis y masih bagus beli yg bru,small tank ada air y tp dah sya kuras
    tapi otomatis y bunyi trus dalam waktu singkat?minta bantuan y
    trim,s

    ReplyDelete
  18. ma kasih mas ariq agak bingung juga jawabnya karna pipa tak ada yang bocor,otomatis pomp juga baru saran saya coba buang semua air di pompa nya lalu coba dipancing kemudian coba hidupkan pompa air anda

    ReplyDelete
  19. Saya mw nanya mas, pompa saya mereknya denki, maklum bawaan developer... Namun keluaran nya kecil mas... Kedalam sumur bor nya 16 m, paralon 1" 14 m kedalam.. Mohon pencerahan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman di lapangan merek suatu pompa air tak jadi masalah dalam kemampuan suatu pompa air dalam menghisap pompa air,dari apa yang mas anonymous sampaikan kedalaman sumur 16 m merupakan kedalaman sumur yang masih ideal ,namun bila air yang keluar sedikit atau lemah maka pastikan laher atau laker normal bila terdapat hal yang mencurigakan semisal bunyi baik berisik maupun nguuk dan lain ya maka periksa laker,kemungkinan telah oblag sehingga terjadi gesekan antara rotor dan setatornya namun jika mesin normal maka saya yakin faktor listrik menjadi penyebab lemahnya daya hisap pompa air saudara , maka sekali lagi ambilkan listrik dari kontak yang paling dekat dengan spedo meter,ganti kabel dengan kabel kawat yang baik,beberapa kawan kadang mencoba menambahkan kapasitor dengan cara paralel untuk mendongkrak hentakan tegangan saat awal pompa di hidupkan dan memang ada efek yang lumayan karenanya ,namun kedua saran saya yang awal sudah terbukti dalam pengalaman kami mengatasi pompa air yang lemah daya hisapnya ,semoga bermanfaat.

      Delete
  20. Wah jadi inget zaman di kampung gan hehe... makasih dan salam kenal y...

    ReplyDelete
  21. Mas, ada whatsAp? urgent nih. Mesin air keluar nya kecil kali

    Barusan airnya keluar besar, tapi paki pancingan. Trus ganti klep ampe dua kali tetap aja keluarnya sebesar lidi. Jauh tendangan 15m

    Air keluarnya putus-putus. Tolong bantuin dong.. please

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada udara yang terperangkap pada pralon bawah mas coba hidupkan agak lama sampai lancar air keluarnya

      Delete
    2. jika problem belum selesai mas anymous bisa bertanya kembali agar kita bisa bahas bersama

      Delete
  22. wah bagus ya mas saya jumpa artikel ini, soalnya pompa air saya memang lagi ada masalah, saya coba dulu ya

    ReplyDelete