Searching...
Saturday, 14 July 2012

mengatasi pompa air tak kuat memghisap

tips kali ini membahas pompa air ygtak kuat menghisap air atau  pompa air tak kuat menyedot air dari sumur, padahal mesin bagus leker tidak kocak,pralon tak bocor,tapi kok tak kuat mengalir ,seharusnya sekecil kecil nya pompa ia mampu menghisap air dari sumur dgn kedalaman 35 m ,bahkan lebih namun mengapa banyak yg memgalami dgn kedalaman 20 m aja banyak yg nggak kuat ngalir ,hal ini hanya karna arus listrik yg ndak kuat,untuk mengatasinya ganti kabel dgn kabel kawat ambil aruslangsumg dgn yg terdekat dari spedo meter ,danbuktikan air akan nyembur ..terbukti.namun bila tu pompa masih ngambek cuman keluarsuaranya saja sdg airnya malu tuk keluar ,hajar bro dengan jurus kedua ganti pralon yg agak kecil namun biasanya rata 2 yg penulis alami rata 2 pompa langsung nyembur dengan jurus kesatu.telahir jurus ke tiga bro ,hal ini kalo tu pompa masih juga ngambek ,cek bro sil isapnya , karna bila ada kerak atau daun kecil aja biasanya air jadi ndak mau keluar .agar lebih jelas masalah sil ini , maka ane sertain cara ganti sel isap pompa air .
pertama
buka tutup pompa
kedua
buka mur propoler
ketiga
tarik propoler dari poros
keempat
tarik pegas dan silisap dari poros rotor
ke empat
naah coba cek bro bila tu sill udah tipis ganti bro
 selamat mencoba bro salamm
dan bagi sobat yang ingin mrenjadi teknisi hp dengan biaya murah bermateri mewah clik link di bawah ini
http://finateknologicelluler.blogspot.com/2013/05/kursus-servis-hp-murah-berkualitas.html

103 komentar:

  1. kemarin kita juga lama kena kendala airkecil, maklum kemarau.... pompa pun menjadi kerja keras..... karna airnya jauh di bawah sana jika air dekat atau musim hujan.. pompa tidak akan terlihat begitu meski ada yang bocor kecil air atau onderdil nya ada yang sudah kurang baik tetap akan terlihat normal.//////kemarin saya bongkar semua kenapa mesin berputar normal dan air keluarnya kecil dan lemah saya bersihkan dan semua yang berhubungan dengan bagian berputar saya kasih bensin campur oli sekitar kelahar yang terakhir kelihatan nya adalah kerusakan " kincir " mungkin sering menggiling pasir atau tanah.

    ReplyDelete
  2. Ma kasih bro atas kunjunganya and thank atas infonya

    ReplyDelete
  3. makasih bro infonya , bermanfaat bgt nih

    ReplyDelete
  4. ma kasih bulu@ telah mampir ke blog ini semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. allhamdulilah... hatur nuhun bewarana kang....

    ReplyDelete
  6. bro,,,...gimana cara buka (kipas)impeller nya??

    ReplyDelete
  7. rekan silver @ mudah ko membukanya

    ReplyDelete
  8. saudara ery @ semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Haloooooo,sy lg kesel nih,pompa air di rumah keluar air nya kecil bener..sy pake merk shimitzu dengan kedalaman sumur 12 meter,knp ya masalah nya dmn?

    ReplyDelete
  10. halo juga tatya ,melihat permasalahan anda saya yakin sambungan pralon anda dalam kondisi baik ,jika air yg keluar kecil mk ini bisa di sebabkan beberapa hal ,
    1 .laher / leker aus hingga mengakibatkan berputarnya mesin lamban so airnya pun jadi malu keluar kan
    2 . tutup kipas mewngganggu perputaran mesin tarik keluar dikit kalo0 emang ngganggu.
    3 .arus listrik kurang saran saya ganti kabel kawat carikan arus listrik terdekat dgn spedo meter slmt mencoba

    ReplyDelete
  11. Sekedar berbagi: saya punya sumur bor kedalaman 18 meter. Saya sedot sumur tsb dengan pompa air sanyo 125 watt, alhamdulillah airnya lancar. Pralon hisap saya pake 3/4". Utk mengisi 2 torn air @1000 liter diperlukan waktu kurang lebih 2 jam. Posisi pompa air sanyo dari lubang sumur 12 meter datar, ditambah kedalaman sumur 18 meter. Kelp hisap saya posisikan 10 cm dari dasar sumur. Tp saya tambah 2 kelp hisap lagi, 1 di 12 meter dari dasar sumur dan satu lagi 4 meter sebelum pompa sanyo. Kelp hisap pake yg kuningan. Alahmdulillah tidak ada kendala.

    ReplyDelete
  12. kalau suara mesin besar dan keras, bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu karna laher atau laker yg aus mas coba kasih oloi lakernya atau ganti aja murah kok mas

      Delete
  13. Saya punya masalah pompa interdab dya hisap 11m bisa hisap air pas d ganti dengan wasser 11m juga tpi gk bisa hisap
    Kenapa ya ?

    ReplyDelete
  14. maaf mas ricky mohon di perjelas pertanyaanya

    ReplyDelete
  15. numpang nanya ni mas..
    sya punya pompa shimizu p 135 e,pompa otomatis nyala trus,pipa tidak ada yg bocor,otomatis y masih bagus beli yg bru,small tank ada air y tp dah sya kuras
    tapi otomatis y bunyi trus dalam waktu singkat?minta bantuan y
    trim,s

    ReplyDelete
  16. numpang nanya ni mas..
    sya punya pompa shimizu p 135 e,pompa otomatis nyala trus,pipa tidak ada yg bocor,otomatis y masih bagus beli yg bru,small tank ada air y tp dah sya kuras
    tapi otomatis y bunyi trus dalam waktu singkat?minta bantuan y
    trim,s

    ReplyDelete
  17. ma kasih mas ariq agak bingung juga jawabnya karna pipa tak ada yang bocor,otomatis pomp juga baru saran saya coba buang semua air di pompa nya lalu coba dipancing kemudian coba hidupkan pompa air anda

    ReplyDelete
  18. Saya mw nanya mas, pompa saya mereknya denki, maklum bawaan developer... Namun keluaran nya kecil mas... Kedalam sumur bor nya 16 m, paralon 1" 14 m kedalam.. Mohon pencerahan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman di lapangan merek suatu pompa air tak jadi masalah dalam kemampuan suatu pompa air dalam menghisap pompa air,dari apa yang mas anonymous sampaikan kedalaman sumur 16 m merupakan kedalaman sumur yang masih ideal ,namun bila air yang keluar sedikit atau lemah maka pastikan laher atau laker normal bila terdapat hal yang mencurigakan semisal bunyi baik berisik maupun nguuk dan lain ya maka periksa laker,kemungkinan telah oblag sehingga terjadi gesekan antara rotor dan setatornya namun jika mesin normal maka saya yakin faktor listrik menjadi penyebab lemahnya daya hisap pompa air saudara , maka sekali lagi ambilkan listrik dari kontak yang paling dekat dengan spedo meter,ganti kabel dengan kabel kawat yang baik,beberapa kawan kadang mencoba menambahkan kapasitor dengan cara paralel untuk mendongkrak hentakan tegangan saat awal pompa di hidupkan dan memang ada efek yang lumayan karenanya ,namun kedua saran saya yang awal sudah terbukti dalam pengalaman kami mengatasi pompa air yang lemah daya hisapnya ,semoga bermanfaat.

      Delete
  19. Wah jadi inget zaman di kampung gan hehe... makasih dan salam kenal y...

    ReplyDelete
  20. Mas, ada whatsAp? urgent nih. Mesin air keluar nya kecil kali

    Barusan airnya keluar besar, tapi paki pancingan. Trus ganti klep ampe dua kali tetap aja keluarnya sebesar lidi. Jauh tendangan 15m

    Air keluarnya putus-putus. Tolong bantuin dong.. please

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada udara yang terperangkap pada pralon bawah mas coba hidupkan agak lama sampai lancar air keluarnya

      Delete
    2. jika problem belum selesai mas anymous bisa bertanya kembali agar kita bisa bahas bersama

      Delete
  21. wah bagus ya mas saya jumpa artikel ini, soalnya pompa air saya memang lagi ada masalah, saya coba dulu ya

    ReplyDelete
  22. Mas mohon maaf mengganggu,saya mau nanya + minta tolong nich...
    Mas kemarin saya beli pompa air baru yg semi jet (Shimizu Jet 108 BIT), tapi begitu saya aplikasikan pada sumur kedalaman +/- 10 meter kemudian stelah semuanya terpasang saya pancing tepat dari lubang pompa, tapi airnya malu keluar y mas? Padahal di pipa pralonnya air sudah penuh (tidak ada bocor), mohon bantuannya y mas...
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan pralon yang di bawah pompa penuh dengan air,jika sudah namun air masih tak mau keluar coba ikuti cara di atas mas ,pertama cari kontak listrik yang terdekat dengan spedometer listrik jika tak berhasil ganti dengan kabel kawat

      Delete
  23. Mas Mohon Bantuannya, jetpump sy merek wasser yg terdapat ukuran tekanan air, kedalaman sumur 20 Meter, didekat pompa masuk sy buat kran, jd klo kran sy tutup dia akan otomatis mati dan klo kran sy buka otomatis mesin pompa menyala dan keluar lah air nya tersebut, tetapi sudah 1 bulan ini kran sy bermasalah, kran tidak bisa dibuka dengan lebar karena jika dibuka dengan lebar tekanan air menurun dan air tidak keluar, dan juga Mesin terdengar Bising. Terimakasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  24. dari apa yang mas muflihana sampaikan ,ini mengindikasikan bahwa terjadi nya penurunan perputaran pada mesinya ,hal ini di mungkinkan terjadinya gesekan pada mesin,hal tersebut berdasarkan suara bising pada mesin pompa anda,sehingga daya hisap kian melemah sehingga sangat wajar bila kran anda buka melebar maka pompa air tak mampu menghisap,hal ini karena semakin lebar anda membuka kran maka semakin besar pula tenaga yang di butuhkan oleh mesin anda ,saran saya
    coba periksa apakah terjadi gesekan pada mesinya [rotor dan statornya]
    jika iya maka periksa laher lakenya kemungkinan sudah aus namun jika berisiknya hanya di akibatkan laker yang terlalu kering coba berilah sedikit pelumas saja,
    penurunan perputaran mesin juga bisa karena gesekan kipas dengan tutupnya maka perlu juga pengecekan kipas pompa anda.
    selanjutnya cek tegangan pada listrik anda kabel yang terlalu tua atau pernah terjadi konsleting pada jalur listrik pompa air anda bisa juga menurunkan kekuatan listrik anda dampaknya perputaran mesin pompa anda menjadi berkurang,terimakasih

    ReplyDelete
  25. kalau di sertai gambar,mungkin akan lebih paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas anonymous benar baiklah nanti pas ada pasien biar saya foto dan gambarnya akan saya upload terimakasih saranya

      Delete
  26. Mau tanya nih mas pompa shimizu sy koq airnya kecil masalahnya apa,dan cara mengatasinya bgaimana,shimizu 108 bit. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ma anony mous ,sayang tak menyebut namanya ,artikel di atas terutama pergantian kabel yang besar atau kabel kawat udah di lakukan belum , selanjutnya pengambilan arus yang paling dekat dengan spedo meter listrik juga apa sudah di lakukan sebab keduanya terbukti mampu memperkuat daya hisap pompa air ,karena banyak pompa air tak mampu hanya karena masalah listrik.namun jika cara di atas sudah anda lakukan daya hisap masih berkurang coba cek suaranya jika terdengar suara yang kasar kemungkinan terjadi gesekan antara motor dan setatornya hal ini kemungkinan laher yang sudah oblag ,dan jika suara dan laker baik kemungkinan kabel sepulnya sudah aus atau ada konsleting ,tentunya butuh pengamatan untuk menentukanya kerusakanya.

      Delete
  27. mas laher apaaan?
    pompa air saya air nya keluar gak kencang baru2 ini. kenapa ya?

    ReplyDelete
  28. aher / laker pompa airnya mas ,dan jawaban mengapa pompa air keluarnya tak kencang jawabanya sama dengan jawaban mas anonymous di atas

    ReplyDelete
  29. mau tanya nih mas
    shimizu 135 e, pertama tama pompa normal tapi air keluarnya kecil, skrg gak keluar air blas
    drimana ngeceknya mas..??
    urgent nih, jdi gak bisa mandi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa sebab pompa air tak keluar sama sekali.
      pertama
      listrik yang kkurang stabil,hal ini bisa di atasi dengan cara di atas .
      kedua
      air pancing pada pralon bawah kurang ,solusinya coba di pancing.
      ketiga
      terjadi kebocoran pada saringan otomatis atau pada sambungan pralonya .
      ke empat
      perputaran mesin lemah
      hal ini terjadi karena beberapa hal
      laker yang oblak ,terjadinya gesekan rotor da setatornya,lemahnya gulungan pada sepulnya.terjadinya gesekan pada kipas,dan bisa juga karena kondensor lemah ,namun untuk kondensor lemah mati biasanya saat pertama di hidupkan ,mesin tak mampu berputar ,dan hanya berdengung.
      ke enam
      jarak kedalaman yang melebihi batas,mulailah penangaan dengan melihat isi air pancinganya ,kemudian jika air pancingan tak bermasalah cek apakah jarak kabel terlalu panjang sebab beberapa kali saya pernah mengalami saat ada pasien yang mengeluh pompa air tak bisa keluar air ,lantas saya bertanya apakah tetangga anda pernah membeli alat listrik dengan voltase besar di jawab iya ,maka segera saya mengganti kabel dengan kabel kawat dan encarikan stop kontak terdekat dengan spedo meter / kwhnya dan alhamdulillah lancar,lalu coba cek perputaran mesin jika terlalu kasar coba ganti lakernya jika terdengar bunyi nguuk meungkin terjadi gesekan reposisi mesin nya ,namun jika ternyata air pancingan kosongatau isinya berkurang banyak maka coba ganti saringan atau terjadi kebocoran pada sambunga pralonya ,semoga membatu
      kelima

      Delete
  30. Kmrn2 si kluar airnya kcil mas,tp skrng ga kluar sama skli,smua sarannya sdh saya coba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kepercayaanya kepada kami ,mas anymous jawaban megapa pompa air tak keluar air coba lihat pada jawaba mas twin alaga ,coba perhatikan beberapa point yang belum saya jelaskan pada artikel di atas di jawaban saya yang telah saya jelaskan di jawaban untuk mas alaga di atas ,jika masih juga tak menyelesaikan masalah kemungkinan spul nya sudah lemah sehingga perputaran pompa menjadi berkurang ,coba beli sepul jadi sekarang sudah banyak di jual jadi ndak perlu menggulung sendiri,terima kasih telah berkunjung di blog kami salam.

      Delete
  31. Pompa d rmh saya blm pnh rusak,seminggu kmrn ngadat gak mau nyala. Kata tukang service lilitannya. Sdh diperbaiki. Tp kok airnya jd gak nail,pdhl biasanya sekemarau apapun air selalu keluar mskpn kecil. Wkt saya buka ttp pompa(utk dipancing) airnya ada gak los tp gak mau naik k atas. Knp ya mas Ali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan air sumur masih dalam jangkauan pralon pompa air ,jadi liat dulu mas kalau posisi pralon di atas air ,turunkan pompa agar air terjangkau oleh pralon pompa,selanjutnya solusi pada artikel saya di atas sudah di terapkan belum , mohon mas sagara beri komentar balik agar kita dapat musyawarahkan masalah pompa air anda yang tak keluar air

      Delete
  32. Aku barusan beli pompa air dan udah kupasang dg makek paralon 1" tapi kenapa gk ada daya hisapnya ya?padahal kedalaman sumurku cuma 2m, pipa jg gk ada yg bocor cos udah ku lem semua.udah kupancing berkali-kali tetap gk keluar airnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya saya yakin karena voltasenya mas coba ikuti tips pada artikel di atas,ganti kabel yang kawat dan carikan stop kontak terdekat dari kwh / spedo meter,semoga membantu

      Delete
  33. mas punya solusi untuk pipa paralon yg copot ke dalam sumur, ini gara2 kecerobohan saya waktu mau memperbaiki kebocoran pada sambungan pipa tanpa sengaja terlepas dan masuk kedalam lubang sumur kedalaman 13 meter, mohon solusinya rekan2 yg pernah mengalami masalah seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila posisi pralon kelihatan nampak ya tinggal ambil mas namun bila sudah tak nampak alias kelelp ini yang jadi masalah
      PERINGATAN
      saat masuk kedalam sumur gunakan kipas dan arahkan udara kipas melalui plastik panjang ke dalam sumur hingga sampai dalam sumur hal ini untuk membuang gas beracun di dalamnya

      Delete
  34. Mas mau tanya mesin saya kadang kalau gak dipancing air gak ngalir tapi kalau lagi hujan air ngalir apa sebabnya mas...nb skarang kemarau air gak bisa dpat mas..apa solusiny mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan terjadi kebocoran pada pintu saringan atau pada pralon bawahnya mas,
      untuk sumur yang tak keluar ainya silahkan lihat caranya atau solusinya di artikel saya yang lain dengan judul cara mengatasi sumur tak keluar air

      Delete
    2. http://ketrampilanpekerjaanteknik.blogspot.com/2014/09/mengatasi-sumur-yang-tak-keluar-air.html

      Delete
  35. mas, sya ada problem neh.. sumur bor saya sedalam 23 m, pipa hisap ke dalam sktr 22 m pakai paralon 1/2", dipasang klep hisap dari tembaga di pipa 12 m dari dasar sumur... air permukaan sumur bor sekitar 8 m dari atas permukaan tanah.. tpi keluaran airnya kecil y.. saya pakai pompa shimizu untuk air dangkal.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon ikuti tips di atas dulu mas terutama ,mengganti kawat dengan kawat kabel ,dan mencari stop kontak yang terdekat dengan spedo meter ,kalau masih sama nanti baru kita bahas sama sama lagi ,sebab sudah sering saya mengatasi problem pompa air yang keluarnya sedikit dan mampu saya atasi dengan cara tersebut ,hal ini mengecualikan bila terjadi geseka pada rotor dan statornya.

      Delete
  36. mas, mau nanya nih..
    saya membuat tampungan air setinggi 5 meter, setelah saya pasang pompa air ternyata air tidak mampu naik sampai ke tampungan, kemudian saya ganti dengan pompa air yang berbeda, ternyata hasilnya juga masih sama..
    Jarak permukaan air ke pompa sekitar 6 meter, pipa inlet dan outlet 1"..
    kenapa ya mas? mohon pencerahannya.. terima kasih.

    ReplyDelete
  37. pompa air yang tak kuat menghisap air ini lebih di karenakan arus listriknya mas ,coba ganti kabel nya dengan kabel kawat ,dan carikan lokasi stop kontak terdekat dengan kwh meter listrik

    ReplyDelete
  38. maaf masmau nanya, pompa air kedalaman 11 meter, nah saya hidupin kq nyala suara pompa keras bnget ya, kalo saya pancing kadang hidup kadang gak,
    intinya cman ada suara pompa keras tpi gk keluar air,
    itu masalah knapa ya mas
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pompa air hidup dengan suara keras dan tak keluar air menandakan tak ada aliran air yang masuk melalui pompa air nya coba pancing dahulu mas sampai penuh pada pralon bawah atau input nya ,jika air selalu habis maka di pastikan terjadi kebocoran pada sarinagan penutup nya ,intinya pancing dengan mengisi air hingga penuh mas

      Delete
  39. pompa air yang saya pakai sanyo 125 watt, yang jadi masalah adalah daya hisapnya bagus namun air yang keluar koq kecil... tolong solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seiring dengan masa puncak kemarau maka kedalaman air dalam sumur semakin dalam maka daya hisap pompa air semakin melemah karena beban hisap air yang semakin dalam tersebut ,mohon ikuti langkah di atas mas insya allah akan kembali lancar

      Delete
    2. Semua langkah diatas sudah di lakukan tapi mengapa air masih tersendat2 keluarnya

      Delete
    3. kemarau panjang seperti ini mengakibatkan air semakin surut ,jika langkah di atas sudah di lakukan namun air yang keluar dari pompa air masih tersendat sendat ,coba cek posisi saringan pada ujung pralon ya usahakan saringan agak masuk kedalam dari batas air di karenakan saat saringan hanya berjarak sedikit ke bawah air maka akan mengakibatkan adanya udara yang masuk ke dalam pralon hal ini lah yang mengakibatkan pompa air dalam menghisap seperti tersendat 2 dan jika hal ini juga sudah di lakukan periksa ketinggian air nya mungkin sudah mendekati dasar sumur nya jadi sangat wajar apa bila keluar air nya tersendat sendat.

      Delete
  40. Mas Merk mesin pompa sy Uchida. Kedalaman sumur bor 100meter tapi 3 pipa sdh ada airnya. Pipa tidak ada bocor Tali sdh ganti seperti mas anjurkan, Pertama keluar nyembur deras kemudia melemah2 sampai gk mau lagi kemudian 4menit mau lagi, tapi kalau bersamaan dg tetangga mesinnya nyala punya saya gak mau keluar airnya. Apa penyebabnya ya mas, mesin tetangga airnya deras saja terus menerus

    ReplyDelete
  41. hal ini lebih di karenakan volume debit air nya mas ,saat debit air berkurang maka mengakibatkan saringan pompa akan sekat dengan permukaan air sehingga saat terjadi proses hisap akan terjadi pusaran air yang mengakibatkan angin masuk kedalam saringan pralon dan masuk kedalamnya ,hal ini akan mengakibatkan prosess hisap menjadi tersendat sendat ,seperti yang mas udin sampaikan ,sementara saat tetangga mas udin menghidupkan pompa air lalu berdampak pompa air mas udin tak mampu menghisap kemungkinan arus listriknya ,mas ,sebabb walau berbeda kwh namun bila satu jalur maka akan berdampak arus listrik yang kurang setabil,atau bisa juga sumber sumur yang jadi satu hingga berdampak air mas udin ikut menyusust

    ReplyDelete
  42. Mau nanya nich mas: ketika buka kran semburannya kenceng, tp beberapa saat kemudia menjadi lemah, kenapa ya pompa air saya?

    ReplyDelete
  43. senasib dengan di atas... apa karena musim kemarau sehingga tekanan air terlalu rendah ya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan debit air yang sedikit mas sehingga jarak antara saringan dan batas air terlalu dekat dampaknya hisapan pompa air akan bercampur dengan angin,adapun saat pertama kali di hidupkan bisa jadi volume air masih banyak,kalau sudah debit air yang minim maka solusinya ya perdalam sumur kita atau suntik sumur mas,

      Delete
  44. Tanya mas. Klo pompa saya merk firman, sewaktu dinyalakan suaranya jadi pelan Dan air tidak mau naik. Kadang nyala dengan suara yang agak keras tapi air nya pelan. Padahal sebelumnya suaranya kencang Dan airnya mengalir deras. Kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
  45. met siang mas, pompa nasional 125w saya tdk mau keluar air, kedalaman pipa 10 m, padahal suara mesin msh halus, kalau saya coba hisap ke air kolam keluar airnya deras. skrang saya pake pompa cadangan dengan jenis yg sama. masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
  46. Mas, Kalau klip penghisap dicabut pir klipnya. Apa masih mau naik airnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu berat mas kalu per nya di buang

      Delete
  47. saya barusan kena kendaala setelah ganti klaher, air tidak mau nyedot. apakah harus di pancing dlu ya??
    paket tour lengkap dan murah ke Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah pompa di perbaiki dan pipa input kosong maka air akan lama keluar ,maka coba pancing dulu dengan memasukkan air pada pipa terutama inputnya

      Delete
  48. Mau nanya pa' guru,, ane dah reseal n rebearing pompanya, trus pipa ane dah bersihin n d isi air pas mancing gak turun2, tp pas dhidupin gak ngisap2 jga yaa,, gmn tu pa' guru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kabel telah di sesuaikan seperti triks pada di artikel di atas ,coba cek apakah kedalaman sumur masih terjangkau dengan daya hisap pompa anda.

      Delete
  49. Makasih mas Broo... artikel ini sangat membantu Sy....gara 2 tegangan listrik yg kurang mendukung...hampir jutaan kocek melayang sia aia....sekarang Dah Jos Gandos.

    ReplyDelete
  50. slmt sore mas ali, gmn ya cara setting mesin biar aliran air tidak terlalu besar? sbb sy pakai filter buatan sendiri, sehingga air meluber...apakah ada pengaruh pd kinerja mesin jika presure switch di seting, dlm artian apakah bs cepat rusak? trus sy dpt info klo tabung angin dipasang pd mesin bisa berakibat pemakaian listrik jadi boros, apakah benar? maaf bbrp pertanyaan jd satu paket...hehee...mohon informasinya mas, sbb sumur relatif baru, shingga klo tdk difilter kualitas air msh buruk...makasih,,salam dri jambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saudara didit selamat sore juga sayang untuk filter ini saya harus memer lukan kajian untuk bisa menjawabnya ,namun saya kira akan lebih baik jika filter tersebut di gunakan pada jalur output pada tabung penampung air ,sebab bila output dari pompa terhambat karena di perkecil aliranya ,maka akan membuat beban pompa menjadi berat dan secara ilmiah jelas akan memperpendek umur mesin dengan semakin lemahnya magnet yang di hasilkan oleh rotor dan stator yang di aliri lstrik tersebut.slanjutnya tabung udara tak akan membuat boros listrik,

      Delete
    2. filter sy buat pake ember cat 20kg, yg berisi ijuk, pasir, kerikil dan kassa filter mas, improvisasi sendiri, -+ 5cm dri dasar ad pipa buangan 1 inci,,,, mngkin nanti diaplikasikan jika tendon air udah dibeli, masih proses pembuatan kaki penyangganya...makasih informasinya mas...

      Delete
  51. Sya ada kendala nih mas...mesin jet pump sya kedalaman paralon 36 m sdngkan kedalaman bor 40 m.yg sya mau tanyakan kenapa pas pada saat start pertama debit air yg keluar banyak tp setelah 2 menit debit air mengecil klw mesin trus dinyalakan mesin jet minta di pancing ulang ...mohon solusinya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba masukkan kembali jet pomp anda mas kemungkinan posisi jetpump kurang dalam sehingga karena mesin dekat dengan batas air biasanya akan ada pusaran 2 di dekat mesin saat jet pump bekerja dan dampaknya akan ada udara yang terperangkap masuk

      Delete
    2. Mksudny kedalaman pipa ya mas...atau gmn yg saya msi kurang paham...

      Delete
    3. Thanks mas...air sya ude kencang dan bening..thanks infonya

      Delete
  52. Mas ali klo air drmh sy keluarny kecl bgt knp ya?pdhl tdny kenceng

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhatikan suaranya mas bila terdengar kasar maka kemungkinan lahernya sudah aus dan perputaran menjadi melamban solusinya ganti laher pompa airnya agar hisapan kembali kencang

      Delete
    2. perhatikan suaranya mas bila terdengar kasar maka kemungkinan lahernya sudah aus dan perputaran menjadi melamban solusinya ganti laher pompa airnya agar hisapan kembali kencang

      Delete
    3. perhatikan suaranya mas bila terdengar kasar maka kemungkinan lahernya sudah aus dan perputaran menjadi melamban solusinya ganti laher pompa airnya agar hisapan kembali kencang

      Delete
  53. Sm bu ria, pompa ane jg tdnya kenceng airnya...eh skrg jd kecil, pdhl noklep sdh ane ganti, kedaleman pipa 8m, krn pk shimzu 125watt, filter hisap bagus ga ada yg mampet, tolong dbantu mas ali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas are jawabanya sama dengan bu ria

      Delete
  54. mas nanya....pompa aku kpn hari udah dinyalain setengah jam ga mau keluar airnya,aku pikir karena musim kemarau, habis sumbernya. Nah kemarin waktu dinyalain,ttp ga keluar airnya, padahal sudah 2 minggu ini hujan deres terus tiap hari..tak coba dipancing tetep ga keluar...kenapa ya kira2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasany...pipa hisap ada yg tersumbat dngan lumpur..atau tesen klap dan mata jet tersumbat.

      Delete
    2. mas Alvin, jika kejadian seperti ini berarti harus bongkar pipa hisap nya donk?ada cara gampang gak untuk menghilangkan sumbatan lumpur di pipa?

      Delete
  55. Mas Ali, sumur bor saya menggunakan dua lubang berjarak 1meter, masing" sedalam 29meter dan dalam pipa sekira 15 meter, level permukaan air sekira 4 meteran, sedang jarak mesin pompa air sekira 10 meteran jadi memakai gulungan kabel dari sumber listrik. saya menggunakan mesin air Shimizu 100 Bit, namun airnya kecil dan keruh, mohon pencerahan dari mas Ali thd permasalahan air bor saya. terima kasih_MD Bangka Belitung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut gw si air kecil dan keruh sumbernya jelek bukan mesin atau settingan yang lainnya mending saran gw lu ngebor lagi tapi sebelum ngebor lihat dulu sumber mata airnya pake alat.

      Delete
  56. mas ali mau tanya saya baru beli shimizu ps 135 e kira2 paralon 1/2" saya stel 20m kedalam sumur kuat hisap ga ya?soalnya sumur bor saya 55m?

    ReplyDelete
  57. Mas ali, ane bingung neh....ane br ganti pompa aer semi jet wattnya 250, stlh slesai pasang ane idupin..eh aer nya malah ga keluar,sdh ane pancing tetep aja ga kluar,apa ada kbocoran di pipanya ya mas,syukron y mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. patikan pralon bawah / hisap di isi air dahulu sebelum di pasang

      Delete