Searching...
Saturday 14 July 2012

mengatasi pompa air tak kuat memghisap

tips kali ini membahas pompa air ygtak kuat menghisap air atau  pompa air tak kuat menyedot air dari sumur, padahal mesin bagus leker tidak kocak,pralon tak bocor,tapi kok tak kuat mengalir ,seharusnya sekecil kecil nya pompa ia mampu menghisap air dari sumur dgn kedalaman 35 m ,bahkan lebih namun mengapa banyak yg memgalami dgn kedalaman 20 m aja banyak yg nggak kuat ngalir ,hal ini hanya karna arus listrik yg ndak kuat,untuk mengatasinya ganti kabel dgn kabel kawat ambil aruslangsumg dgn yg terdekat dari spedo meter ,danbuktikan air akan nyembur ..terbukti.namun bila tu pompa masih ngambek cuman keluarsuaranya saja sdg airnya malu tuk keluar ,hajar bro dengan jurus kedua ganti pralon yg agak kecil namun biasanya rata 2 yg penulis alami rata 2 pompa langsung nyembur dengan jurus kesatu.telahir jurus ke tiga bro ,hal ini kalo tu pompa masih juga ngambek ,cek bro sil isapnya , karna bila ada kerak atau daun kecil aja biasanya air jadi ndak mau keluar .agar lebih jelas masalah sil ini , maka ane sertain cara ganti sel isap pompa air .
pertama
buka tutup pompa
kedua
buka mur propoler
ketiga
tarik propoler dari poros
keempat
tarik pegas dan silisap dari poros rotor
ke empat
naah coba cek bro bila tu sill udah tipis ganti bro
 selamat mencoba bro salamm
updet mengatasi pompa air tak kuat menghisap
updet ini saya ambil dari komentar pembaca  di bawah semoga dapat melengkapi tentang cara mengatasi pompa air tak kuat menghisap.
Pengalaman saya ketika air sulit dihisap pompa, saat pompa dan saluran pipa dianggap tidak ada masalah yaitu: 1. Perkecil pipa hisap (biasanya saya perkecil hingga 1/2 inci, saat permukaan air sumur terlalu rendah) 2. Buang per yang ada pada klep hisap (tekanan air pada pipa hisap sudah cukup untuk menekan klep hingga air tidak akan keluar) 3. Buang selaput sirip yang ada pada pinggir impeller dengan cara mengikisnya dengan kikir lebih kurang 5 mm Saat ketiga hal tersebut saya lakukan, pompa saya National 100 (model lama sebelum generasi 125) mampu mengalirkan air normal dengan menggunakan pipa hisap sepanjang 24 meter. 
dan bagi sobat yang ingin mrenjadi teknisi hp dengan biaya murah bermateri mewah clik link di bawah ini
http://finateknologicelluler.blogspot.com/2013/05/kursus-servis-hp-murah-berkualitas.html

205 komentar:

  1. kemarin kita juga lama kena kendala airkecil, maklum kemarau.... pompa pun menjadi kerja keras..... karna airnya jauh di bawah sana jika air dekat atau musim hujan.. pompa tidak akan terlihat begitu meski ada yang bocor kecil air atau onderdil nya ada yang sudah kurang baik tetap akan terlihat normal.//////kemarin saya bongkar semua kenapa mesin berputar normal dan air keluarnya kecil dan lemah saya bersihkan dan semua yang berhubungan dengan bagian berputar saya kasih bensin campur oli sekitar kelahar yang terakhir kelihatan nya adalah kerusakan " kincir " mungkin sering menggiling pasir atau tanah.

    ReplyDelete
  2. Ma kasih bro atas kunjunganya and thank atas infonya

    ReplyDelete
  3. makasih bro infonya , bermanfaat bgt nih

    ReplyDelete
  4. ma kasih bulu@ telah mampir ke blog ini semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. allhamdulilah... hatur nuhun bewarana kang....

    ReplyDelete
  6. bro,,,...gimana cara buka (kipas)impeller nya??

    ReplyDelete
  7. rekan silver @ mudah ko membukanya

    ReplyDelete
  8. saudara ery @ semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Haloooooo,sy lg kesel nih,pompa air di rumah keluar air nya kecil bener..sy pake merk shimitzu dengan kedalaman sumur 12 meter,knp ya masalah nya dmn?

    ReplyDelete
  10. halo juga tatya ,melihat permasalahan anda saya yakin sambungan pralon anda dalam kondisi baik ,jika air yg keluar kecil mk ini bisa di sebabkan beberapa hal ,
    1 .laher / leker aus hingga mengakibatkan berputarnya mesin lamban so airnya pun jadi malu keluar kan
    2 . tutup kipas mewngganggu perputaran mesin tarik keluar dikit kalo0 emang ngganggu.
    3 .arus listrik kurang saran saya ganti kabel kawat carikan arus listrik terdekat dgn spedo meter slmt mencoba

    ReplyDelete
  11. Sekedar berbagi: saya punya sumur bor kedalaman 18 meter. Saya sedot sumur tsb dengan pompa air sanyo 125 watt, alhamdulillah airnya lancar. Pralon hisap saya pake 3/4". Utk mengisi 2 torn air @1000 liter diperlukan waktu kurang lebih 2 jam. Posisi pompa air sanyo dari lubang sumur 12 meter datar, ditambah kedalaman sumur 18 meter. Kelp hisap saya posisikan 10 cm dari dasar sumur. Tp saya tambah 2 kelp hisap lagi, 1 di 12 meter dari dasar sumur dan satu lagi 4 meter sebelum pompa sanyo. Kelp hisap pake yg kuningan. Alahmdulillah tidak ada kendala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank fitria atas balasanya

      Delete
    2. menarik nih
      pompa dangkal Sanyo 125w bisa dipakai untuk sedot dg kedalaman 18m

      bs share detailnya mbak?

      salam

      Bahrun
      018381790808
      Bintaro Jaya

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. wah bagi ilmunya donk....di link ini

      Delete
  12. kalau suara mesin besar dan keras, bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu karna laher atau laker yg aus mas coba kasih oloi lakernya atau ganti aja murah kok mas

      Delete
  13. Saya punya masalah pompa interdab dya hisap 11m bisa hisap air pas d ganti dengan wasser 11m juga tpi gk bisa hisap
    Kenapa ya ?

    ReplyDelete
  14. maaf mas ricky mohon di perjelas pertanyaanya

    ReplyDelete
  15. numpang nanya ni mas..
    sya punya pompa shimizu p 135 e,pompa otomatis nyala trus,pipa tidak ada yg bocor,otomatis y masih bagus beli yg bru,small tank ada air y tp dah sya kuras
    tapi otomatis y bunyi trus dalam waktu singkat?minta bantuan y
    trim,s

    ReplyDelete
  16. numpang nanya ni mas..
    sya punya pompa shimizu p 135 e,pompa otomatis nyala trus,pipa tidak ada yg bocor,otomatis y masih bagus beli yg bru,small tank ada air y tp dah sya kuras
    tapi otomatis y bunyi trus dalam waktu singkat?minta bantuan y
    trim,s

    ReplyDelete
  17. ma kasih mas ariq agak bingung juga jawabnya karna pipa tak ada yang bocor,otomatis pomp juga baru saran saya coba buang semua air di pompa nya lalu coba dipancing kemudian coba hidupkan pompa air anda

    ReplyDelete
  18. Saya mw nanya mas, pompa saya mereknya denki, maklum bawaan developer... Namun keluaran nya kecil mas... Kedalam sumur bor nya 16 m, paralon 1" 14 m kedalam.. Mohon pencerahan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman di lapangan merek suatu pompa air tak jadi masalah dalam kemampuan suatu pompa air dalam menghisap pompa air,dari apa yang mas anonymous sampaikan kedalaman sumur 16 m merupakan kedalaman sumur yang masih ideal ,namun bila air yang keluar sedikit atau lemah maka pastikan laher atau laker normal bila terdapat hal yang mencurigakan semisal bunyi baik berisik maupun nguuk dan lain ya maka periksa laker,kemungkinan telah oblag sehingga terjadi gesekan antara rotor dan setatornya namun jika mesin normal maka saya yakin faktor listrik menjadi penyebab lemahnya daya hisap pompa air saudara , maka sekali lagi ambilkan listrik dari kontak yang paling dekat dengan spedo meter,ganti kabel dengan kabel kawat yang baik,beberapa kawan kadang mencoba menambahkan kapasitor dengan cara paralel untuk mendongkrak hentakan tegangan saat awal pompa di hidupkan dan memang ada efek yang lumayan karenanya ,namun kedua saran saya yang awal sudah terbukti dalam pengalaman kami mengatasi pompa air yang lemah daya hisapnya ,semoga bermanfaat.

      Delete
  19. Wah jadi inget zaman di kampung gan hehe... makasih dan salam kenal y...

    ReplyDelete
  20. Mas, ada whatsAp? urgent nih. Mesin air keluar nya kecil kali

    Barusan airnya keluar besar, tapi paki pancingan. Trus ganti klep ampe dua kali tetap aja keluarnya sebesar lidi. Jauh tendangan 15m

    Air keluarnya putus-putus. Tolong bantuin dong.. please

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada udara yang terperangkap pada pralon bawah mas coba hidupkan agak lama sampai lancar air keluarnya

      Delete
    2. jika problem belum selesai mas anymous bisa bertanya kembali agar kita bisa bahas bersama

      Delete
  21. wah bagus ya mas saya jumpa artikel ini, soalnya pompa air saya memang lagi ada masalah, saya coba dulu ya

    ReplyDelete
  22. Mas mohon maaf mengganggu,saya mau nanya + minta tolong nich...
    Mas kemarin saya beli pompa air baru yg semi jet (Shimizu Jet 108 BIT), tapi begitu saya aplikasikan pada sumur kedalaman +/- 10 meter kemudian stelah semuanya terpasang saya pancing tepat dari lubang pompa, tapi airnya malu keluar y mas? Padahal di pipa pralonnya air sudah penuh (tidak ada bocor), mohon bantuannya y mas...
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan pralon yang di bawah pompa penuh dengan air,jika sudah namun air masih tak mau keluar coba ikuti cara di atas mas ,pertama cari kontak listrik yang terdekat dengan spedometer listrik jika tak berhasil ganti dengan kabel kawat

      Delete
  23. Mas Mohon Bantuannya, jetpump sy merek wasser yg terdapat ukuran tekanan air, kedalaman sumur 20 Meter, didekat pompa masuk sy buat kran, jd klo kran sy tutup dia akan otomatis mati dan klo kran sy buka otomatis mesin pompa menyala dan keluar lah air nya tersebut, tetapi sudah 1 bulan ini kran sy bermasalah, kran tidak bisa dibuka dengan lebar karena jika dibuka dengan lebar tekanan air menurun dan air tidak keluar, dan juga Mesin terdengar Bising. Terimakasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  24. dari apa yang mas muflihana sampaikan ,ini mengindikasikan bahwa terjadi nya penurunan perputaran pada mesinya ,hal ini di mungkinkan terjadinya gesekan pada mesin,hal tersebut berdasarkan suara bising pada mesin pompa anda,sehingga daya hisap kian melemah sehingga sangat wajar bila kran anda buka melebar maka pompa air tak mampu menghisap,hal ini karena semakin lebar anda membuka kran maka semakin besar pula tenaga yang di butuhkan oleh mesin anda ,saran saya
    coba periksa apakah terjadi gesekan pada mesinya [rotor dan statornya]
    jika iya maka periksa laher lakenya kemungkinan sudah aus namun jika berisiknya hanya di akibatkan laker yang terlalu kering coba berilah sedikit pelumas saja,
    penurunan perputaran mesin juga bisa karena gesekan kipas dengan tutupnya maka perlu juga pengecekan kipas pompa anda.
    selanjutnya cek tegangan pada listrik anda kabel yang terlalu tua atau pernah terjadi konsleting pada jalur listrik pompa air anda bisa juga menurunkan kekuatan listrik anda dampaknya perputaran mesin pompa anda menjadi berkurang,terimakasih

    ReplyDelete
  25. kalau di sertai gambar,mungkin akan lebih paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas anonymous benar baiklah nanti pas ada pasien biar saya foto dan gambarnya akan saya upload terimakasih saranya

      Delete
  26. mas mau nanya, akhir2 ini pompa air saya tiap di hidupkan gak mau keluar airnya langsung jadi harus dipancing air dulu baru mau keluar airnya..padal dulu tidak tiap dinyalakan langsung keluar airnya..dan airnya juga banyak...sudah dicoba di ganti klep paralonpun juga sudah di cek tidak ada yg bocor sudah 3x panggil tukang service tp masih tetap gitu kira2 apanya ya mas..mohon bantuannya...thx

    ReplyDelete
  27. mas mau nanya, akhir2 ini sanyo saya tiap di nyalakan tidak mau keluar airnya langsung jadi harus di pancing dulu baru keluar airnya, jadi bingung mas masa tiap nyalakan kok harus mancing dulu padahal dulu tidak, tiap dinyalakan langsung keluar airnya banyak pula..padal baru 8 bulanan saya pasang sanyo...sudah coba ganti klep, paralon juga sudah dicek tidak ada yg bocor...sudah coba panggil tukang pasang sanyo juga tapi kok tetap gitu terus kira2 kenapa ya mas...mohon bantuanya..thx

    ReplyDelete
  28. Mau tanya nih mas pompa shimizu sy koq airnya kecil masalahnya apa,dan cara mengatasinya bgaimana,shimizu 108 bit. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ma anony mous ,sayang tak menyebut namanya ,artikel di atas terutama pergantian kabel yang besar atau kabel kawat udah di lakukan belum , selanjutnya pengambilan arus yang paling dekat dengan spedo meter listrik juga apa sudah di lakukan sebab keduanya terbukti mampu memperkuat daya hisap pompa air ,karena banyak pompa air tak mampu hanya karena masalah listrik.namun jika cara di atas sudah anda lakukan daya hisap masih berkurang coba cek suaranya jika terdengar suara yang kasar kemungkinan terjadi gesekan antara motor dan setatornya hal ini kemungkinan laher yang sudah oblag ,dan jika suara dan laker baik kemungkinan kabel sepulnya sudah aus atau ada konsleting ,tentunya butuh pengamatan untuk menentukanya kerusakanya.

      Delete
  29. mas laher apaaan?
    pompa air saya air nya keluar gak kencang baru2 ini. kenapa ya?

    ReplyDelete
  30. aher / laker pompa airnya mas ,dan jawaban mengapa pompa air keluarnya tak kencang jawabanya sama dengan jawaban mas anonymous di atas

    ReplyDelete
  31. mau tanya nih mas
    shimizu 135 e, pertama tama pompa normal tapi air keluarnya kecil, skrg gak keluar air blas
    drimana ngeceknya mas..??
    urgent nih, jdi gak bisa mandi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa sebab pompa air tak keluar sama sekali.
      pertama
      listrik yang kkurang stabil,hal ini bisa di atasi dengan cara di atas .
      kedua
      air pancing pada pralon bawah kurang ,solusinya coba di pancing.
      ketiga
      terjadi kebocoran pada saringan otomatis atau pada sambungan pralonya .
      ke empat
      perputaran mesin lemah
      hal ini terjadi karena beberapa hal
      laker yang oblak ,terjadinya gesekan rotor da setatornya,lemahnya gulungan pada sepulnya.terjadinya gesekan pada kipas,dan bisa juga karena kondensor lemah ,namun untuk kondensor lemah mati biasanya saat pertama di hidupkan ,mesin tak mampu berputar ,dan hanya berdengung.
      ke enam
      jarak kedalaman yang melebihi batas,mulailah penangaan dengan melihat isi air pancinganya ,kemudian jika air pancingan tak bermasalah cek apakah jarak kabel terlalu panjang sebab beberapa kali saya pernah mengalami saat ada pasien yang mengeluh pompa air tak bisa keluar air ,lantas saya bertanya apakah tetangga anda pernah membeli alat listrik dengan voltase besar di jawab iya ,maka segera saya mengganti kabel dengan kabel kawat dan encarikan stop kontak terdekat dengan spedo meter / kwhnya dan alhamdulillah lancar,lalu coba cek perputaran mesin jika terlalu kasar coba ganti lakernya jika terdengar bunyi nguuk meungkin terjadi gesekan reposisi mesin nya ,namun jika ternyata air pancingan kosongatau isinya berkurang banyak maka coba ganti saringan atau terjadi kebocoran pada sambunga pralonya ,semoga membatu
      kelima

      Delete
  32. Kmrn2 si kluar airnya kcil mas,tp skrng ga kluar sama skli,smua sarannya sdh saya coba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kepercayaanya kepada kami ,mas anymous jawaban megapa pompa air tak keluar air coba lihat pada jawaba mas twin alaga ,coba perhatikan beberapa point yang belum saya jelaskan pada artikel di atas di jawaban saya yang telah saya jelaskan di jawaban untuk mas alaga di atas ,jika masih juga tak menyelesaikan masalah kemungkinan spul nya sudah lemah sehingga perputaran pompa menjadi berkurang ,coba beli sepul jadi sekarang sudah banyak di jual jadi ndak perlu menggulung sendiri,terima kasih telah berkunjung di blog kami salam.

      Delete
  33. Pompa d rmh saya blm pnh rusak,seminggu kmrn ngadat gak mau nyala. Kata tukang service lilitannya. Sdh diperbaiki. Tp kok airnya jd gak nail,pdhl biasanya sekemarau apapun air selalu keluar mskpn kecil. Wkt saya buka ttp pompa(utk dipancing) airnya ada gak los tp gak mau naik k atas. Knp ya mas Ali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan air sumur masih dalam jangkauan pralon pompa air ,jadi liat dulu mas kalau posisi pralon di atas air ,turunkan pompa agar air terjangkau oleh pralon pompa,selanjutnya solusi pada artikel saya di atas sudah di terapkan belum , mohon mas sagara beri komentar balik agar kita dapat musyawarahkan masalah pompa air anda yang tak keluar air

      Delete
  34. Aku barusan beli pompa air dan udah kupasang dg makek paralon 1" tapi kenapa gk ada daya hisapnya ya?padahal kedalaman sumurku cuma 2m, pipa jg gk ada yg bocor cos udah ku lem semua.udah kupancing berkali-kali tetap gk keluar airnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya saya yakin karena voltasenya mas coba ikuti tips pada artikel di atas,ganti kabel yang kawat dan carikan stop kontak terdekat dari kwh / spedo meter,semoga membantu

      Delete
  35. mas punya solusi untuk pipa paralon yg copot ke dalam sumur, ini gara2 kecerobohan saya waktu mau memperbaiki kebocoran pada sambungan pipa tanpa sengaja terlepas dan masuk kedalam lubang sumur kedalaman 13 meter, mohon solusinya rekan2 yg pernah mengalami masalah seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila posisi pralon kelihatan nampak ya tinggal ambil mas namun bila sudah tak nampak alias kelelp ini yang jadi masalah
      PERINGATAN
      saat masuk kedalam sumur gunakan kipas dan arahkan udara kipas melalui plastik panjang ke dalam sumur hingga sampai dalam sumur hal ini untuk membuang gas beracun di dalamnya

      Delete
  36. Mas mau tanya mesin saya kadang kalau gak dipancing air gak ngalir tapi kalau lagi hujan air ngalir apa sebabnya mas...nb skarang kemarau air gak bisa dpat mas..apa solusiny mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan terjadi kebocoran pada pintu saringan atau pada pralon bawahnya mas,
      untuk sumur yang tak keluar ainya silahkan lihat caranya atau solusinya di artikel saya yang lain dengan judul cara mengatasi sumur tak keluar air

      Delete
    2. http://ketrampilanpekerjaanteknik.blogspot.com/2014/09/mengatasi-sumur-yang-tak-keluar-air.html

      Delete
  37. mas, sya ada problem neh.. sumur bor saya sedalam 23 m, pipa hisap ke dalam sktr 22 m pakai paralon 1/2", dipasang klep hisap dari tembaga di pipa 12 m dari dasar sumur... air permukaan sumur bor sekitar 8 m dari atas permukaan tanah.. tpi keluaran airnya kecil y.. saya pakai pompa shimizu untuk air dangkal.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon ikuti tips di atas dulu mas terutama ,mengganti kawat dengan kawat kabel ,dan mencari stop kontak yang terdekat dengan spedo meter ,kalau masih sama nanti baru kita bahas sama sama lagi ,sebab sudah sering saya mengatasi problem pompa air yang keluarnya sedikit dan mampu saya atasi dengan cara tersebut ,hal ini mengecualikan bila terjadi geseka pada rotor dan statornya.

      Delete
  38. mas, mau nanya nih..
    saya membuat tampungan air setinggi 5 meter, setelah saya pasang pompa air ternyata air tidak mampu naik sampai ke tampungan, kemudian saya ganti dengan pompa air yang berbeda, ternyata hasilnya juga masih sama..
    Jarak permukaan air ke pompa sekitar 6 meter, pipa inlet dan outlet 1"..
    kenapa ya mas? mohon pencerahannya.. terima kasih.

    ReplyDelete
  39. pompa air yang tak kuat menghisap air ini lebih di karenakan arus listriknya mas ,coba ganti kabel nya dengan kabel kawat ,dan carikan lokasi stop kontak terdekat dengan kwh meter listrik

    ReplyDelete
  40. maaf masmau nanya, pompa air kedalaman 11 meter, nah saya hidupin kq nyala suara pompa keras bnget ya, kalo saya pancing kadang hidup kadang gak,
    intinya cman ada suara pompa keras tpi gk keluar air,
    itu masalah knapa ya mas
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pompa air hidup dengan suara keras dan tak keluar air menandakan tak ada aliran air yang masuk melalui pompa air nya coba pancing dahulu mas sampai penuh pada pralon bawah atau input nya ,jika air selalu habis maka di pastikan terjadi kebocoran pada sarinagan penutup nya ,intinya pancing dengan mengisi air hingga penuh mas

      Delete
  41. pompa air yang saya pakai sanyo 125 watt, yang jadi masalah adalah daya hisapnya bagus namun air yang keluar koq kecil... tolong solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seiring dengan masa puncak kemarau maka kedalaman air dalam sumur semakin dalam maka daya hisap pompa air semakin melemah karena beban hisap air yang semakin dalam tersebut ,mohon ikuti langkah di atas mas insya allah akan kembali lancar

      Delete
    2. Semua langkah diatas sudah di lakukan tapi mengapa air masih tersendat2 keluarnya

      Delete
    3. kemarau panjang seperti ini mengakibatkan air semakin surut ,jika langkah di atas sudah di lakukan namun air yang keluar dari pompa air masih tersendat sendat ,coba cek posisi saringan pada ujung pralon ya usahakan saringan agak masuk kedalam dari batas air di karenakan saat saringan hanya berjarak sedikit ke bawah air maka akan mengakibatkan adanya udara yang masuk ke dalam pralon hal ini lah yang mengakibatkan pompa air dalam menghisap seperti tersendat 2 dan jika hal ini juga sudah di lakukan periksa ketinggian air nya mungkin sudah mendekati dasar sumur nya jadi sangat wajar apa bila keluar air nya tersendat sendat.

      Delete
  42. Mas Merk mesin pompa sy Uchida. Kedalaman sumur bor 100meter tapi 3 pipa sdh ada airnya. Pipa tidak ada bocor Tali sdh ganti seperti mas anjurkan, Pertama keluar nyembur deras kemudia melemah2 sampai gk mau lagi kemudian 4menit mau lagi, tapi kalau bersamaan dg tetangga mesinnya nyala punya saya gak mau keluar airnya. Apa penyebabnya ya mas, mesin tetangga airnya deras saja terus menerus

    ReplyDelete
  43. kalo drumah ane pompa airnya nyala, cuma airnya ga mau keluar gmana?

    ReplyDelete
  44. hal ini lebih di karenakan volume debit air nya mas ,saat debit air berkurang maka mengakibatkan saringan pompa akan sekat dengan permukaan air sehingga saat terjadi proses hisap akan terjadi pusaran air yang mengakibatkan angin masuk kedalam saringan pralon dan masuk kedalamnya ,hal ini akan mengakibatkan prosess hisap menjadi tersendat sendat ,seperti yang mas udin sampaikan ,sementara saat tetangga mas udin menghidupkan pompa air lalu berdampak pompa air mas udin tak mampu menghisap kemungkinan arus listriknya ,mas ,sebabb walau berbeda kwh namun bila satu jalur maka akan berdampak arus listrik yang kurang setabil,atau bisa juga sumber sumur yang jadi satu hingga berdampak air mas udin ikut menyusust

    ReplyDelete
  45. Mau nanya nich mas: ketika buka kran semburannya kenceng, tp beberapa saat kemudia menjadi lemah, kenapa ya pompa air saya?

    ReplyDelete
  46. senasib dengan di atas... apa karena musim kemarau sehingga tekanan air terlalu rendah ya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan debit air yang sedikit mas sehingga jarak antara saringan dan batas air terlalu dekat dampaknya hisapan pompa air akan bercampur dengan angin,adapun saat pertama kali di hidupkan bisa jadi volume air masih banyak,kalau sudah debit air yang minim maka solusinya ya perdalam sumur kita atau suntik sumur mas,

      Delete
  47. Tanya mas. Klo pompa saya merk firman, sewaktu dinyalakan suaranya jadi pelan Dan air tidak mau naik. Kadang nyala dengan suara yang agak keras tapi air nya pelan. Padahal sebelumnya suaranya kencang Dan airnya mengalir deras. Kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
  48. met siang mas, pompa nasional 125w saya tdk mau keluar air, kedalaman pipa 10 m, padahal suara mesin msh halus, kalau saya coba hisap ke air kolam keluar airnya deras. skrang saya pake pompa cadangan dengan jenis yg sama. masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
  49. Mas, Kalau klip penghisap dicabut pir klipnya. Apa masih mau naik airnya

    ReplyDelete
  50. saya barusan kena kendaala setelah ganti klaher, air tidak mau nyedot. apakah harus di pancing dlu ya??
    paket tour lengkap dan murah ke Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah pompa di perbaiki dan pipa input kosong maka air akan lama keluar ,maka coba pancing dulu dengan memasukkan air pada pipa terutama inputnya

      Delete
  51. Mau nanya pa' guru,, ane dah reseal n rebearing pompanya, trus pipa ane dah bersihin n d isi air pas mancing gak turun2, tp pas dhidupin gak ngisap2 jga yaa,, gmn tu pa' guru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kabel telah di sesuaikan seperti triks pada di artikel di atas ,coba cek apakah kedalaman sumur masih terjangkau dengan daya hisap pompa anda.

      Delete
  52. Makasih mas Broo... artikel ini sangat membantu Sy....gara 2 tegangan listrik yg kurang mendukung...hampir jutaan kocek melayang sia aia....sekarang Dah Jos Gandos.

    ReplyDelete
  53. slmt sore mas ali, gmn ya cara setting mesin biar aliran air tidak terlalu besar? sbb sy pakai filter buatan sendiri, sehingga air meluber...apakah ada pengaruh pd kinerja mesin jika presure switch di seting, dlm artian apakah bs cepat rusak? trus sy dpt info klo tabung angin dipasang pd mesin bisa berakibat pemakaian listrik jadi boros, apakah benar? maaf bbrp pertanyaan jd satu paket...hehee...mohon informasinya mas, sbb sumur relatif baru, shingga klo tdk difilter kualitas air msh buruk...makasih,,salam dri jambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saudara didit selamat sore juga sayang untuk filter ini saya harus memer lukan kajian untuk bisa menjawabnya ,namun saya kira akan lebih baik jika filter tersebut di gunakan pada jalur output pada tabung penampung air ,sebab bila output dari pompa terhambat karena di perkecil aliranya ,maka akan membuat beban pompa menjadi berat dan secara ilmiah jelas akan memperpendek umur mesin dengan semakin lemahnya magnet yang di hasilkan oleh rotor dan stator yang di aliri lstrik tersebut.slanjutnya tabung udara tak akan membuat boros listrik,

      Delete
    2. filter sy buat pake ember cat 20kg, yg berisi ijuk, pasir, kerikil dan kassa filter mas, improvisasi sendiri, -+ 5cm dri dasar ad pipa buangan 1 inci,,,, mngkin nanti diaplikasikan jika tendon air udah dibeli, masih proses pembuatan kaki penyangganya...makasih informasinya mas...

      Delete
  54. Sya ada kendala nih mas...mesin jet pump sya kedalaman paralon 36 m sdngkan kedalaman bor 40 m.yg sya mau tanyakan kenapa pas pada saat start pertama debit air yg keluar banyak tp setelah 2 menit debit air mengecil klw mesin trus dinyalakan mesin jet minta di pancing ulang ...mohon solusinya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba masukkan kembali jet pomp anda mas kemungkinan posisi jetpump kurang dalam sehingga karena mesin dekat dengan batas air biasanya akan ada pusaran 2 di dekat mesin saat jet pump bekerja dan dampaknya akan ada udara yang terperangkap masuk

      Delete
    2. Mksudny kedalaman pipa ya mas...atau gmn yg saya msi kurang paham...

      Delete
    3. Thanks mas...air sya ude kencang dan bening..thanks infonya

      Delete
  55. Mas ali klo air drmh sy keluarny kecl bgt knp ya?pdhl tdny kenceng

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhatikan suaranya mas bila terdengar kasar maka kemungkinan lahernya sudah aus dan perputaran menjadi melamban solusinya ganti laher pompa airnya agar hisapan kembali kencang

      Delete
    2. perhatikan suaranya mas bila terdengar kasar maka kemungkinan lahernya sudah aus dan perputaran menjadi melamban solusinya ganti laher pompa airnya agar hisapan kembali kencang

      Delete
    3. perhatikan suaranya mas bila terdengar kasar maka kemungkinan lahernya sudah aus dan perputaran menjadi melamban solusinya ganti laher pompa airnya agar hisapan kembali kencang

      Delete
  56. Sm bu ria, pompa ane jg tdnya kenceng airnya...eh skrg jd kecil, pdhl noklep sdh ane ganti, kedaleman pipa 8m, krn pk shimzu 125watt, filter hisap bagus ga ada yg mampet, tolong dbantu mas ali..

    ReplyDelete
  57. mas nanya....pompa aku kpn hari udah dinyalain setengah jam ga mau keluar airnya,aku pikir karena musim kemarau, habis sumbernya. Nah kemarin waktu dinyalain,ttp ga keluar airnya, padahal sudah 2 minggu ini hujan deres terus tiap hari..tak coba dipancing tetep ga keluar...kenapa ya kira2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasany...pipa hisap ada yg tersumbat dngan lumpur..atau tesen klap dan mata jet tersumbat.

      Delete
    2. mas Alvin, jika kejadian seperti ini berarti harus bongkar pipa hisap nya donk?ada cara gampang gak untuk menghilangkan sumbatan lumpur di pipa?

      Delete
  58. Mas Ali, sumur bor saya menggunakan dua lubang berjarak 1meter, masing" sedalam 29meter dan dalam pipa sekira 15 meter, level permukaan air sekira 4 meteran, sedang jarak mesin pompa air sekira 10 meteran jadi memakai gulungan kabel dari sumber listrik. saya menggunakan mesin air Shimizu 100 Bit, namun airnya kecil dan keruh, mohon pencerahan dari mas Ali thd permasalahan air bor saya. terima kasih_MD Bangka Belitung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut gw si air kecil dan keruh sumbernya jelek bukan mesin atau settingan yang lainnya mending saran gw lu ngebor lagi tapi sebelum ngebor lihat dulu sumber mata airnya pake alat.

      Delete
  59. mas ali mau tanya saya baru beli shimizu ps 135 e kira2 paralon 1/2" saya stel 20m kedalam sumur kuat hisap ga ya?soalnya sumur bor saya 55m?

    ReplyDelete
  60. Mas ali, ane bingung neh....ane br ganti pompa aer semi jet wattnya 250, stlh slesai pasang ane idupin..eh aer nya malah ga keluar,sdh ane pancing tetep aja ga kluar,apa ada kbocoran di pipanya ya mas,syukron y mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. patikan pralon bawah / hisap di isi air dahulu sebelum di pasang

      Delete
  61. Bro, mo tnya klo pompa air mati, tp klo di ademin nyala lg. Sy pegang body pompa panas. Tx

    ReplyDelete
  62. Bro, mo tnya klo pompa air mati, tp klo di ademin nyala lg. Sy pegang body pompa panas. Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan pompa air semacam itu paling sering di akibatkan karena terjadi gesekan pada rotor dan statornya mas coba cek lakernya bilaoblak ganti yag baru murah kok mas

      Delete
  63. bro, saya baru beli mesin pompa shimizu PS 135E (otomatis) untuk kedalaman sumur 9m tapi pas ditarik, air tetap tidak naik. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  64. mas bro, aku punya pompa listrik dicolok ke listrik kok gak ngalir tapi panas, dan karena itu dirumah yg baru saya beli dan tidak ditempati : kenapa ya ngalir airnya itu diperumahan. makasih ya mas bro bantuan teknisnya

    ReplyDelete
  65. mas mau nanya nich punya sy pertama ON bagus keluarnya 15 menit kemudian airnya jadi kecil padahal pompa,pralon kondisi baru mohon solusinya trmksh

    ReplyDelete
  66. Selamat pagi mas, pompa saya debit airnya kecil sedangkan suply air banyak, saya coba periksa instalasi pipa airnya tidak ada yang bocor. sebagai catatan saya memakai pompa air dangkal dan memakai switch otomatis switch bekerja dengan baik jika kran ditutup pompa langsung mati. Kira2 saya harus cek apanya dulu pak...? terima kasih atas jawabannya. Salam

    ReplyDelete
  67. Numpang tAnya,klw pipa hisap mesin jet pump kan 2 ya,satu besarsatu lbih kcil,klw dua duanya ukurannyadisamakan kyk yg kcil,berdampak gk y sma performa mesin?makasih

    ReplyDelete
  68. mas ali numpang nanya,mesin pompa diesel saya hidup tapi gak mau nyedot air?apa penyebab"y

    ReplyDelete
  69. mas ali numpang nanya,mesin pompa diesel saya hidup tapi gak mau nyedot air?apa penyebab"y

    ReplyDelete
  70. waah mantap nih tipsnya buat memperaiki pompa air di rumah makasih gan tipsnya hehe :D

    ReplyDelete
  71. Mas Ali, mau tanya, sy anak kosan yang kamarnya ada kamar mandi dalam dengan shower. Sering kali air yang keluar dari shower, wastafel dan toilet di kamar mandi saya sangat kecil bahkan tidak keluar sama sekali. Tapi di kamar mandi lain yang dipakai bersama airnya sangat kencang. Letak kamar saya di lt 1 memang paling jauh dr tandon air, apakah itu masalahnya?
    Terkadang setelah semua air di kamar mandi lain tidak terpakai baru airnya keluar, malah ada beberapa kali air tidak keluar sama sekali dari walaupun tidak ada yang pakai air
    Kira2 masalahnya dimana ya?soalnya kamar mandi lain air nya ngga masalah cuma di kamar mandi saya saja dan itu shower, wastafel dan toilet semuanya airnya kecil/sering tidak nyala
    terima kasih bantuannya


    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  73. Mas mau tanya , Saya memakai semi jet pump shumizu 108 , dengan kedalaman kurang lebih 15 m , Kanapa ya setiap jam 7 pagi sampai jam 23.00 malam air ga mau keluar. tapi kalo jam 1 malam sampai jam 5 pagi air mau keluar tapi dengan debet air yang keluar sedikit , isi toren ja yang 300 liter sampai 3 jam ...Mohon pencerahan dari mas ...biar tidak begadang tiap hari..? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya listrik nya mas irawan yang kurang stabil coba ikuti langkah di atas mas saya yakin jadi lancar

      Delete
    2. Terima kasih mas ali.. trus untuk kabel kawat itu sendiri yang bagus ukuran berapa ..?

      Delete
    3. kabel kawat mas jangan kabel serabut,kabel sebesar lidi itu aja mas

      Delete
    4. Mas ali...udah saya coba sesuai dengan langkah pertama , tapi ko air tetep malu untuk keluar...tetap masih begadang mas...nunggu air ga malu ..hehe...
      mohon solusi yang lain mas ali ?? untuk pompanya masih baru...terima kasih sebelumnya mas...

      Delete
    5. Sama kasusnya ama saya mas, katanya memang permukaan airnya turun mas karena musim kemarau, tiap pagi ampe malam, tengah malam baru ada tu airnya walo dikit. Musti ganti jetpump kayaknya, tapi housing sumut cuma 2inc, bingung jadinya hahaha..

      Delete
    6. Pengalaman saya ketika air sulit dihisap pompa, saat pompa dan saluran pipa dianggap tidak ada masalah yaitu:
      1. Perkecil pipa hisap (biasanya saya perkecil hingga 1/2 inci, saat permukaan air sumur terlalu rendah)
      2. Buang per yang ada pada klep hisap (tekanan air pada pipa hisap sudah cukup untuk menekan klep hingga air tidak akan keluar)
      3. Buang selaput sirip yang ada pada pinggir impeller dengan cara mengikisnya dengan kikir lebih kurang 5 mm
      Saat ketiga hal tersebut saya lakukan, pompa saya National 100 (model lama sebelum generasi 125) mampu mengalirkan air normal dengan menggunakan pipa hisap sepanjang 24 meter.

      Delete
    7. terimakasih mas telah berbagi pengalaman semoga semakin melengkapi artikel ini ,dan semakin bermanfaat ke semua saudara yang membutuhkan pengetahuan mengatasi pompa air yang tak kuat menghisap

      Delete
    8. Kalo daya hisap normal, tetapi daya dorong jadi berkurang ... apakah bisa ?

      Delete
    9. ,sama saja mas dan coba pralonya diperkeci mas

      Delete
  74. Yth Pak Ali,

    Nama saya Ria. Terima kasih banyak atas share ilmu & pengalamannya. Sangat bermanfaat.
    Pak Ali, saya mohon bantuannya. Bln Agustus 2012, saya buat sumur air tanah karena PAM di daerah sy airnya kecil, sering tdk keluar, padahal sudah dikomplen warga. Blm ada improvement berarti dari PAM. PAM tahu-nya naikin tarifnya aja. Penggunaan air tanah kami seklrg lakukan secara hemat. Secara air sangat berarti untuk makhluk hidup, maka pemakaian air harus secara bijak. S/d Juli 2014, it's okey untuk air dan pompanya. Masalah besar nan memusingkan kepala & melelahkan badan pikiran mulai terjadi di Agustus 2014, karena tiba-tiba air tanah sangat kecil tersedotnya. Mula-mula sangat keruh lumpur namun setelah lama di toren, lumpur mengendap. Air tetap bisa digunakan. Kurleb 1 bulan, tdk ada lumpur lagi. Tapi, airnya tetap kecil Pak sedotannya. Huhuhu T_T... Tukang yg dulu bilang waktu itu kedalamannya hny 16 meter karena kalau didalemin lagi, takut ketemu air kotor/ anta. Sekarang pas sy konsul ke bpk tukang, dia bilang musim kemarau, mungkin longsor makanya air saya pernah sebulan berlumpur. Jadi skrg tekor. Solusi, dia bilang kudu didalemin lagi. Mana biayanya mahal lagi Pak, 2 jeti. Tapi dulu 2012 - 2013 pas musim kemarau gak tekor air. Sekarang mesin sy kudu dipancing pak, itupun airnya tetep kecil. Jarumnya mesti disetting di angka di atas 30 kalo. Kalo turun dari 30, langsung drop deh. Sy juga mau ganti laher Pak karena suaranya bising. Tapi kalo musim hujan, biar suara lahernya cempreng, tarikan air tetep besar. Solusi terbaik bagaimana ya Pak? Apakah perlu disuntik lagi atau apakah memang ada yg bocor di dalam pipa saya atau pengaruh longsor tsb? Ats jawaban n saran baik Pak Ali, saya ucapkan terima ksh bnyk sebelumnya.

    *Maaf Pak, kepanjangan dan membingungkan ya alur pertanyaan saya?

    ReplyDelete
  75. terimakasih saudara ria atas kepercayaanya kepada kami dari uraian yang mbak ria sampaikan maka saya lebih mengarah permasalahan di sebabkan terlalu beratnya pompa air ,mengangkat beban hisap dan dorongnya ,di karenakan permukaan air yang semakit surut terutama saat kemarau semacam ini,jika voltase listrik tidak ada masalah coba berilah pralon yang agak kecil,dan usahakan laker tidak terlalu aus yang di tandai dengan berisik nya suara pompa,berilah pelumas sehingga perputaran menjadi ringan ,semoga membantu

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omm mau tanya dong?
      kenapa ya mesin air saya engga mau ngangkat air keluar, padahal sambungan pipa sama klep yang ada di dasar pipa udah tersambung rapii. saya pakai mesin air shimizu omm.
      ada solusi lain ommm?????

      Delete
    2. isi air sampai penuh dulu pralonya mas bau di pasang pada mesinya

      Delete
  77. Maaf sebelumnya mau ikut bertanya
    Saya punya keluhan dengan pompa air panasonic 125watt otomatis, suara yang berisik, harus menunggu terlebih dahulu agar airnya bisa mengalir, trus kalau kran dibuka full maka air berhenti mengalir,Sebelum air berhenti mengalir ditandai seperti ada udara bertekanan yg keluar dgn air. jadi saat ini yg bisa dilakukan kran hanya bisa dibuka setengah atau bahkan seperempat saja. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya apa dan solusinya bagaimana?

      Delete
    2. kemungkinan terjadi kebocoran pada kelp bawah atau pada pralonya ,sehingga akan butuh waktu beberapa waktu untuk menghisap dengan sempurna ,coba ganti kelep nya mas dan periksa pralonya ,dan pastikan apakah posisi ujung pralon sampai pada airnya ,sebab jika posisi pralon kurang dalam akan menggakibatkan air tak keluar karena tak terjangkau dngan pralonya apa lagi saat kemarau seperti saat ini.

      Delete
  78. mas. nanya donk. dirumah airnya udah seret dinyalain 5menit langsung bunyinya beda, tekanan udara langsung nol. airnya naik ke torent tpi lima menit setengah ember. harus dihidupin dimatikan hidupin matiin. kenapa begitu ya mas. yg kedua. klo diisi air ke dalam lubang sumur jetpumpnya boleh nggak mas?

    ReplyDelete
  79. halo rekan ceriteza sayang anda tak mmneyebut sumur yang anda gunakan apakah sumur bor atau sumur biasa jadi kami tak bisa memberikan solusi yang tepat, sebelum anda memastikan mesin jetpump anda bermasalah pastikan dahulu apakah peralon anda telah mencapai air dalam sumur terlebi saat ini debit volume air rata rata menurun karena musim kemarau jadi menurut saya pastikan apakah peralon bisa mencapai airnya apa tidak kalo memang tak mencapai maka sambung peralonya

    ReplyDelete
  80. Permisi Gan, sy tertarik dgn postingan di atas bgt yg ngasih solusi di pipa hisap dipasang beberapa klep hisap (bahkan sp 3 bh), sy blm ngerti, apa ditengah" piva bs dipasang klep hisap kmudian disambung lg, atw gmn ?, mohon penjelasannya. Ini terkait jg dgn kasus sy yg br bikin sumur bor 13m, tp ga bs dihisap dgn pompa biasa maupun semijet, pdhl klo pivanya dikocok" tanpa pke mesin pun justru airnya kluar,,!!??, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup satu saja mas , mengenai masalah sumur abang kecjam yang tak bisa hisap kemungkinan saat pasang pralon tidak di isi air dahulu .jadi saran saya pasang kep pada prallon paling bawah lalu di isi air sampai penuh baru pasang ke mesin pompa air nya.

      Delete
  81. Pasti pake foot klep dong Gan, trus air di piva penuh, makanya klo dikocok" paralonnya, air bs kluar. Tp pas dipasang mesin pompa justru ga kuat hisap. Sy memang ga tau tinggi permukaan airnya brapa meter dr kedalaman sumur bor 13 m itu Gan?, mungkin ada solusi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu mohon ikuti tips di atas mas ganti kabel nya dengan kabel kawat dan carikan stop kontak terdekat dari spedo meter listrik

      Delete
  82. Ass.wrwb Mau tanya, kdalaman sumur saya kisaran 14-15 meter mentok, sebelum kemarau kedalaman pipa hisap sekitar 10 meter + belokan menuju mesin 1,5 meter.
    semenjak musim kemarau mesin saya shimizu 108bit gak kuat narik, kmudian saya service ganti seal dan saya tambahnkan pipa hisap 3meter karena
    air ternyata turun dikedalamn 12 meter baru pipa basah.
    tapi kenapa mesin masih gak kuat, apakah saya harus service lagi atau ganti mesin semijet seri atasnya ?

    *utk informasi tambahan, pipa hisap saya coba kosongkan kemudian mesin saya pancing. air dapat naik tapi seperti tidak kuat dorong

    mohon infonya mas imron,
    wassalam


    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ada dua solusi maka saya lebih cendung ganti mas karena semakin dalam kedalaman air nya semakin berat daya hisapnya ,namun kalo memang ganti jet pump saya sarankan ganti kabel nya jangan pakai kabel seraut ini tentunya jika tips di atas sudah di coba

      Delete
    2. Kira kira kalao ganti semijetpam shimitzu 300bit (tipe diatasnya) bisa dimungkinlan g mas? Soal kalo ganti jetpam musti bor lagi yg 4inch utk 2 pipa n pastinya bajetnya lebih.maklum lg krismon

      Delete
  83. masbro... pompa sy gak bisa sedot air (maklum kemarau) stlh baca artikel ini, sy coba ganti kabel kawat deket dgn kwh meter, cukup ada perbedaan, cuma yg keluar angin masbro bunyi zzzzzt saat kran dibuka begitu trs klo kran dibuka tutup. apakah ada kemungkinan pipa hisap yg bocor ya masbro? salam

    ReplyDelete
  84. pompa baru simitzu, daya isap 9m, masalahnya baru dipasang airnya kecil, tidak deras,kira apa masalahnya mas... saya pake piva hisap 1inci,,,piva lempar 1/2 inci,,, apakah ukuran piva ataukah debit air sumur,, mengingat saat ini musim kemarau,,airnya jauh kebawah... minta solusinya dong mas,, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika solusi di atas sudah di lakukan kemungkinan karena kedalaman sumur nya mas karena semakin dalam sumur nya semakin berat beban hisapnya

      Delete
  85. Mas bro pampa jet pump gak mau hisap 2 bln yang lalu pernah begitu kini kumat lg udah sy pancing pompa kayak mau hisap tp gak kuat sumur 25m

    ReplyDelete
  86. malem mas tlg info & solusinya selama ini sumur bor saya lancar2 ja dlmnya kira2 40m pke pompa simitzu (semi jet pump) pipa isap uk 3/4 klep isap kuningan(tembaga) dgn kdlaman kira2 11m, dah 1 bln terakhir timbul masalah, klo baru dihidupin airnya lumayan, namun ga nyampe 1mnt mengecil ntuk ngisi tower 1ton butuh waktu smpe 11 jam lebih... saya berinisiatif menambah kedalaman pipa isap dengan menambah 1 paralon, nmun malah tambah parah airnya sma sekali ga mau kluar, sdah sya pancing berkali2 masih ga mau, saya krangi lagi 2m pipa hisapnya masih ga mau, airnya kluar masuk di pipa pancingan suara mesin mengayun, malah saya ganti pipa hisapnya uk 1/2 dngan kdlaman kira2 11m klep isap yang biasa, hasilnya masih sma. air nya ga mau kluarbiasa sdah saya pancing berkali2 masih ga mau kluar.... tolong masS solusinya....
    makasih sbelumnya...

    ReplyDelete
  87. ok N jozz gandhos ....maturrrr nuwuuun gan

    ReplyDelete
  88. ok N jozz gandhos ....maturrrr nuwuuun gan

    ReplyDelete
  89. Sharing ajja agan sekalian kemarin air tempat kami naik tapi kecil pompa shimizu jet 100 bit masa pakai baru +/- 2 tahun bisa gede lagi airnya setelah ganti seal di belakang impeller dan lepas per klep hisap yang ada di ujung pipa..
    Muka air +/- 2 paralon sekitar 8 sampai 9 mtr dari muka tanah,kabel pake kabel tunggal untuk arus masuk ke pompa.
    Untuk klep hisap kita pakai yg plastik,pipa hisap dan pipa dorong 1/2 inch.
    Mudah mudahan berguna ya....

    ReplyDelete
  90. mas saya mau tanya jika pipa yg ada di dalam tidak bisa di angkat bagaimana ya mas.???
    tukang service sudah usaha untuk angkat pipa untuk cek mata jet atau yg lainnya yg di dalam tanah tapi untuk mengangkat pipanya tidak bisa2 itu bagaimana mas solusinya.???
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  91. Saya punya masalah di jetpump saya mas....
    Knp setiap menghidupkan mesin dengan posisi stop kran di tutup tekanan air mencapai 40 psi...setelah di buka jarum preasure menjadi 20 psi...akan tetapi setelah kurang lebih 30 menit mesin bekerja tekanan lama kelamaan turun bahkan jika di diamkan tidak ada tekanan air yg mengalir dan harus di pancing ulang...sedangkan kedalaman sumur mencapai 38 meter dan kondisi sudah musim hujan....terima kasih

    ReplyDelete
  92. Gimana cara nya ngikir implayer

    ReplyDelete
  93. Gimana cara nya ngikir implayer

    ReplyDelete
  94. Gimana cara nya ngikir implayer tolong gambar nya

    ReplyDelete
  95. bapak-bapak ahli pompa, ane mohon batuannya pompa ane Type PC 375 BIT kondisi baik, listrik baik, air permukaan 21 meter kedalam sumur 40 meter, pompa sesuai speck tapi mengapa debit airnya kecil, kalau di hidupkan 3-5 menit habis airnya, kedalaman pipa 36 meter, mohon bantuannya bapak-bapak,...

    ReplyDelete
  96. Iya.. penasaran tipsnya spy pompa kecil 100w bs nyedot sampai 15m dg pipa intake 1/2"..?
    Ada gbr/foto bgmn maksudnya mengikir sirip kipas kuningan yg di dlm mesin?

    Tks

    ReplyDelete
  97. Mau nanya mas,,
    Napa yah air yg kluar dr mesin pompa sy ngalir airnya kecil mas??
    Sbg info sy punya sumur kedalman 50 meter, casing pipa 4 inch dr atas cm sampe kedalam 8 meter dan slanjutnya menggunakan pipa 2 inch. Sy menggunakan pompa shimizu yg pake jetpump dan jetpumpnya masuk disumur sampe mentok ke mulut 2 inch yg berarti kedlman 8 meter. Dari jetpump sy sambung pipa pengisap 1 inch sepanjang 16 meter dan diujung pipa pengisap 1 inch tsb terpasang klep, permukaan air 16 meter mas..
    Kira2 yg perlu dikoreksi dibagian mananya yah mas,, mohon pencerahanny dan terimakasih,,

    ReplyDelete
  98. mas, pompa di rumah saya keluarnya kadang kecil kadang normal, dari pompa saya kasih pralon trus langsung ke selang plastik, nah ketika selang saya kasih lantai pompa air ndak mau nyedot mas, tapi ketika selang saya angkat naik trus agak saya lipat kemudian pada bagian ujung selang saya tutup pake jempol - air baru mau naik mas, kalau saya lepas jempol saya air kemudian ngecil dan berhenti lagi ngalirnya, itu kira kira apanya ya mas yang bermasalah, trims

    ReplyDelete
  99. kalau solusi di atas belum di praktekkan kita masih belum bisa memastikan mas mohon coba gunakan solusi di atas dulu yang paling pokok ganti dengan kabel kawat dan carikan tegangan tedkat dengan spedo meter,jika cara tersebt belum juga berhasil,baru kita cari tahu penyebabnya tentunya dengan memberi tahu kami tentang misal suara pompa air kasar apa tidak kedalamanya berapa,baru nanti kita pecahkan masalahnya bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas mau tanya,sumur sy jau dr rumah,mau sy sedot dg mesin air tp mesinya di rumah,jarak sumur dr rumah lbi kurang 50 m kedalaman sumur cma 2m,kira2 gmna?trims

      Delete
    2. mas mau tanya,sumur sy jau dr rumah,mau sy sedot dg mesin air tp mesinya di rumah,jarak sumur dr rumah lbi kurang 50 m kedalaman sumur cma 2m,kira2 gmna?trims

      Delete
  100. mas mohon pencerahaan ya,ane 2hr lalu beli shimizu automatic deep weel pump,dihari pertama air keluar normal ,dihari kedua air tidak bisa keluar,setelah dicek ternyata daya hisap anginya tdk keluar ,mohon pancerahaan ya min

    ReplyDelete
  101. mas mo nanya, ini pompa di rumah pas saat sedot air dari sumur kedalaman 14-15 m ada keluar kerikil kecil, jadi menyebabkan pompa macet, ini baru terjadi 3 bulanan terakhir sebelumnya kejadian ini tidak pernah terjadi, apa penyebab nya ya?

    ReplyDelete
  102. pak Ali mohon saran. saya punya sumur gali 18m, selama ini pompa saya gantung dlm sumur. masalah muncul kalo pompa rewel, harus naikin pompa & bongkar pipa. rencananya sy ingin ganti dgn pompa yg bisa diletakkan diatas lantai, agar kalo perlu servis mudah. mohon saran pompa spt apa yg bisa saya pilih, daya d rumah saya 900watt. trmkasih pak Ali.

    ReplyDelete
  103. Asslmu alkm. Mau nanya. Kedalaman sumur bor saya 74 m, posisi permukaan air dari permukaan tanah 23 m,Kedalaman pipa penyedot 32 m,mesin jet pump. Kok air bornya kecil. Ngisi tower 1200 ltr butuh waktu 6-7 jam. Gmn yah?

    ReplyDelete
  104. Permisi numpang tanya pak. Kalo airnya keluar gk bisa kenceng trs suara sperti naik turun knpa ya pak?

    ReplyDelete
  105. Klo kedalaman air dari dasar ke permukaan air 6 meter n dari permukaan air ke permukaan tanah(mesin) 3 meter.
    Yg sy tanyakan brp meter kedalaman pipa hisap+tusen klep yg baik dan air keluar maksimal dan konsisten om

    ReplyDelete
  106. Klo kedalaman air dari dasar ke permukaan air 6 meter n dari permukaan air ke permukaan tanah(mesin) 3 meter.
    Yg sy tanyakan brp meter kedalaman pipa hisap+tusen klep yg baik dan air keluar maksimal dan konsisten om

    ReplyDelete
  107. pak saya mau tanya, ni pompa jet pump saya baru beli, baru dipasang di sumur bor, kedalaman pipa masuknya baru 20 M, permasalahanya waktu mesin pertama nyala tekananya maksimal 2 bar jadi walaupun ditutup valve nya, gak bisa mati otomatisnya, dan pertama -tama dipancing dahulu dan di casing sumur bor air di isi penuh, pertama air mau keluar tetapi pada saat air berkurang -+ 7 M, air sudah tidak mau naik / keluar lagi, segala cara sudah dilakukan tapi gk ada hasil, mohon pencerahannya, trims

    ReplyDelete
  108. Mas mau tanya nii... Udh 5 x Naek turun pipa.. Udh buntu otaknya... Mesin baru shimizu 375.mata jet baru .klep baru... Kedalaman 20 m tp ko keluarnya kaya pipis bayi ya... Malah lbh besar sblm nya... Mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  109. mas sumur saya sekitar 15 meteran sedang listrik dirumah 450 watt. sebelumnya saya kasih pompa air shimizu dan dab yg daya hisap 9 m kalau musim hujan saya naikkan itu pompa air dan saya turunkan kalau musim kemarau. suatu ketika mesin terendam air karna musim hujan. nah saya kepingin tidak menaikkan dan menurunkan mesin karena tidak ada yg pas untuk listrik saya maka saya beli panasonic GP-200JXK daya hisap 9meter. apa saya bisa merubah daya hisap menjadi 15 meteran di pompa air panasonic GP-200JXK?

    ReplyDelete
  110. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  111. Mohon solusinyanya mas URGEN ni.
    Mesin Shimizu 135E msin air sya simpan didalm rumh tdk jauh dari sumur hanya 5m jrak antara rmh dan sumurnya,sbelumnya d sumur baik2 tpi air nya kurang bgus jdi sya buat bru sumur bor d sampin sumurnya dgn kedalaman 7m,sdah bebrapa hari in ngadat, paralon tdk ada yg bocor sdah lama n smua normal, klepnya dah 3x ganti, kadang hbis sya pompa pipa d sumr bornya airnya sdah full cmn brjaln 2jm, aer nya lancar ehh tiba2 aernya nga kluar lgi, sya pancing kmbali dan setiap mesin ngadat sya mesti memompa pipa yg di sumur bornya berulang x stiap aernya nga ngalir, jdi gimana solusinya

    ReplyDelete
  112. Yg dimaksud dg mengikis sirip impeler itu gimana, ada gambarnya? Pompa shimizu 108bit

    ReplyDelete
  113. Mas mo tanya gmn y cara melihat/mengetahiu air berada di kedalaman berapa agar mata jet pump tersebut bisa terendam air ?

    ReplyDelete
  114. bisa ngak mengisap untuk shimizu 135E (sumur dangkal) mendatar 20 meter turun ke summur 15 meter permukaan air sumur 1 meter. terima kasih

    ReplyDelete
  115. Klo air yang keluar ny kecil dari sumur bor apa itu masalah ny,sedangkan sumur bor dalam ny kurang lebih 7 meter,mesin baru beli panasonic 125ps....,dulu ny kenceng,tp makin kesini makin kecil,sengingga saya ganti mesin yg baru...,kra2 apa penyebab ny pa....?

    ReplyDelete
  116. Mau nanya nih..
    Pompa sanyo saya masih baru kencangnya sekitar 5 menitan doank abiz tu langsung lelet kenapa ya?
    Makasi..

    ReplyDelete
  117. Saya butuh solusi sob.. saya dpt kerjaan membuat sumur dgn posisi diujung bibir pantai.. kendala terbesar air masuk lebih besar Dr pada pompa buang. Yg saya perlu mengeringkan posisi dasar sumur agar saya bisa nyangkul n menambah kedalaman sumur tsb. Solusi sob, pompa ap yg layak saya gunakan utk mempertahankan agar permukaan dasar sumur selalu kering

    ReplyDelete
  118. Mas, sy baru beli Shimizu jet 108 dan sy pasang pada pipa air ledeng/pam. Yang jadi masalah serupa di hidupkan harus dipancing dulu. Apa ada solusi.?

    ReplyDelete
  119. BUTUH SOLUSI NYA GAN KEMAREN SAYA BELI SANYO MEREK NATIONAL PERTAMA SAYA PASANG OK AIR NYA KELUAR KENCANG TAPI HARUS DI PANCING DULU BARU BISA KELUAR AIR NYA.TERUS SAYA GANTI POPA YANG BAGIAN BAWAH MALA KELUAR AIR NYA KECIL TAPI GX PAKE PANCING LGI.ITU SOLUSI NYA GIMANA YA GAN SUPAYA AIR KELUAR KENCANG..???

    ReplyDelete
  120. Assalamualaikum wr. Wb mas yg baik bantuin yah,pompa air saya semi jet ngalir air kencang dengan kran di buka setengah, tapi begitu di tambah bukaan nya air berhenti mengalir, dan susah untuk mengalir lagi, itu knapa yah? Mohon pencerahan nya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf itu kran bawah ya pak pada pralon hisap atau pralon yang mana

      Delete
  121. Salam kenal mesin sy dab sy sudah pancing air naik sebentar terus berhenti lagi itu hanya bertahan 1 sampai 2 menit yg saya tanyakan penyakit apa yg terjadi di mesin pompa saya ini makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti dahulu klep bawahnya pak,bisa juga kemungkinan daya putar mesin yang kurang baik atau lemah coba di bongkar dan berikan pelumas pada laher nya ,perhatikan pula suara mesinya kasar atau halus,sebab kalau kasar bisa jadi laher minta ganti

      Delete
  122. Salam kenal para suhu. Maaf saya juga ada keluhan soal instalasi air.
    Saya pakai pompa air semijet shimizu 108. Kedalaman sumur -+ 2 paralon(pakai 1/2 inch) sudah pakai klep di bawah dan sydah sya cek juga kalo gk ada masalah dengan pipa hisapnya bisa dikatakan nggak ada masalah.
    Nah ini beberapa masalahnya :
    1. Setiap sya nyalakan pompa air harus dipancing dulu.
    2. Air yang keluar ada gelembung udaranya
    3. Setiap pompa dimatikan, air mengalir balik lg ke sumur dan terjadilah masalah yg nomor 1 di atas.
    Mohon pencerahannya barangkali ada yang bisa kasih saya solusi. Trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saudaraku dari uraian pertanyaan anda saya kok berkesimpulan permasalahan masih pada kelep bawah atau pada sambungan pralonya yang bocor atau pada area pralon bawah ada retak yang mangakibatkan air lari kebawah ,coba perhatikan betul area yang saya sebut ,hal ini di buktikan dengan adanya gelembung udara sebagaimana yang anda sampaikan

      Delete
  123. mau tanya om,pompa air sy sudah modifikasi,dari semi jet pump menjadi jetpump dengan ubahan pada kepala saja tapi dengan motor dan impeller bawaan,tapi air masih kecil apakah harus ganti impeller juga mas .terimakasih

    ReplyDelete