Searching...
Wednesday, 17 September 2014

servis karburator

cara menyervis karburator sangat mudah dan layak anda pelajari karena selain hemat juga tak akan menyita waktu anda karena harus antri  saat menyervis karburator di bengkel ,
dan berikut cara menyervis karburator.
pertama
buka saringan karburator dan baut karburator dari tempatnya,lalu ambil karburatornya.
kedua
balik karburator dan buka baut penguncinya

ketiga
setelah terbuka akan terlihat seperti gambar di bawah

anda perhatikan komponen karburator tersebut
1 lubang  mainjet
jarum ini berfungsi sebagai jalur lewatnya bensin dari karburator saat gas anda tarik maka sama halnya anda menarik jarum penutup lubang  mainjet ini dan bensin akan terhisap oleh mesin semakin kencang anda menarik gas handle anda maka akan semakin banyak bensin terhisap dan daya hentakan mesin semakin kuat ,namun jika lubang ini tertutup kotoran maka motor akan mrebet karena bensin terhambat tak bisa keluar bahkan kalau tersumbat total akan menyebabkan motor tak bisa hidup / motor mati.ciri cirinya saat tangan anda tempelkan pada mulut karburator lalu anda hidupkan motor tak ada bensin yang menepel pada tangan anda .

solusi perbaikan
copot mainjet ini dengan obeng men lalu bersihkan bisa dengan kompresor atau di sikat pakai sikat gigi juga boleh lalu pasang kembali.
2 lubang nedle jet
lubang ini akan berfungsi sebagai jalur lewat bensin saat stanbay posisi gas tak anda tarik maka lubang ini akan menjadi jalur lewatnya bensin ke mesin ,besar atau sedikit nya bensin yang masuk keruang mesin tergantung setelan stanbay karburator anda.
jika lubang ini tersumbat akan mengakibatkan motor tak bisa stanbay jadi kalau mau hidup hendle harus di tarik.
solusi perbaikan sama seperti di atas yaitu dengan membersihkanya memakai kompresor atau sikat. dan perhatikan lubang kecil di sekelilingnya harus benar benar bersih.


3 pengapung / pelampung dan jarum penutup , komponen ini berfungsi sebagai alat otomatis masuk atau tidaknya bensin dari tabung bensin ke karburator ,sistem kerjanya adalah sebagai berikut.
saat bensin di karburator berkurang maka jarum penutup,jalur bensin akan terbuka dan bensin pun akan masuk ke mankok karnurator , hal ini karena saat bensin dalam mangkok berkurang pengapung akan bergerak ke bawah dan jarum penutup pun ikutan bergerak ke bawah ,dan akhirnya lubang jalur bensin terbuka maka bensin akan masuk dari tabung ke karburator dan jika jarum ini aus terutama pada karet di ujungnya maka bensin akan bocor masuk kemangkok karburatr dan bensin pun memeuhi mangkok hingga akhirnya keluar melalui lubang pembuanagn dan akhirnya bensin menetes keluar dari karburator atau lazim di sebut karburator banjir.
cara perbaikan ganti jarum penutup tersebut ,naun beberapa pengapung model terdahulu menggunakan kuningan jadi saat banjir bisa disetel agar jarum penutup menempel rapat.dan jika jarum telah di ganti masih juga banjir kemungkinan lubang jalur bensin sudah aus atau yterlalu lebar tak ada solusi lain ya ganti karburator solusinya.jika lubang jalur bensin tersebut tersumbat bensin di mankok karburator akan kosong atau tak bisa di aliri bensin maka bersihkan dengan meniup dengan kopresor atau pompa ban atau dengan mulut.
ke empat
besihkan mangko an karburator

dari kotoran dengan menyikatnya pakai sikat atau sikat gigi ,perhatian gunakan sikat gigi murahan yang bentuknya seperti gambar di bawah sebab sikat gigi yang mahal kadang malah melelh saat kena bensin.
kelima
buka saringan bensin dan bersihkan dengan menggunakan bensin atau minyak tanah,jika semua sudah di bersihkan kembalikan sepertis emula ,dan pasang pada tempatnya ,maka karburator anda akan kembali fitt dan laju kendaraan anda kembali lancar.

1 komentar: