Searching...
Friday, 12 September 2014

membuat power bank

membuat power bank sendiri sebenarnya cukup mudah dan murah ,namun sebelum kita membahas caranya lebih baik kita ketahui apakah power bank itu ,
power bank adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi menyimpan arus dan dapat di ambil kembali saat di butuhkan ,power bank itu ibarat bank tempat anda menabung uang anda ,hanya saja power bank berfungsi untuk menyimpa arus ,dan saat di butuhkan maka simpanan tersebut dapat di gunakan untuk mengisi peralatan elektronik kita semisal laptop atau ponsel ,nah artikel ini sebenarnya sudah pernah saya bahas pada artikel yang berjudul membuat cas ponsel,namun di sini saya akan membahasnya dengan sedikit berbeda ,oke langsung saja kita mulai cara membuat power bank sendiri,
peralatan yang di butuhkan untuk membuat power bank adalah sebagai berikut
solder kalau tak punya lem bakar juga ndak apa
kabel kecil
transistor mosfet dengan seri  AN7805 01954E01
resistor kapur dengan ukuran 5watt
aki motor [ untuk aki ini anda bisa menggunakan aki motor anda tak usah di bongkar ]
sebuah konektor cas bisa di ambil dari konektor cass yang sudah rusak.
jika semua sudah di siapkan tinggal membuatnya caranya sebagai berikut
cara membuat power bank sendiri
pertama

hadapkan transistor ingat yg ada nomor serinya harus di atas ,
 naah kaki yang kiri kasih kabel hubungkan ke + / positiv  aki .yang tengah hubungkan - / negativ aki. kaki yang kanan sambungkan ke kaki resistor,kaki resistor yang satu sambungkan ke kabel cas yangpositiv  (untuk konektor cass bisa ambil dari cas yg rusak).
  negativ kabel cas sambung ke kaki transistor yang tengah mudah kan bro lihat gambar biar jelas

.kedua
buatkantempat untuk power bank  baru anda tadi carikan tempat yang simpel,kalau saya sich  saya tempelkan di jok motor ,jadi saat bepergian batrai ponsel lowbet tinggal cas di jok motor ,kelebihan dari power bank alternatif ini anda tak perlu mengisi arus karena saat motor anda berjalan secara otomatis aki akan terisi.kekuranganya  kurang bebas membawa kemana saja .demikian cara membuat power bank alternativ semoga bermanfaat.

10 komentar:

  1. kalau bisa buat sendiri lebih murah pastinya ya mas, saya simpan caranya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara membuat power bank ini hanya butuh dana maksimal 10 000 mbak jadi sangat murah

      Delete
  2. wah... ternyata nggak terlalu sulit juga membuat power bank sendiri, bahan-bahannya pun nggak terlalu susah dicari, cuma transistor mosfetnya aja yang kemungkinan lumayan susah nyarinya....

    ReplyDelete
  3. mudah kok mas hampir di semua toko elektronik jual transistor ini,hanya butuh dua komponen dalam membuat power bank sendiri yaitu resistor kapur dan transistor mosfet

    ReplyDelete
  4. Kreatif banget nih mas :)

    Uangnya jd bisa di pake buat kebutuhan lainnya ya :)

    ReplyDelete
  5. sy beli 1jt kalo ada transistor 7805 ??? IC x mas,,, carger hp untuk aki motor cm 18rb , dah jadi rapi dan yg pasti beneran bisa di pake,, rangkaian di atas cm mampu nyuplai arus dibawah 0,8A belum lagi kbl nya ga bisa lebih dari 40cm,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf mas cara di atas saya ambil dengan meniru dari sebuah cas aki seharga 25 ribu ,transistor di atas banyak beredar di pasaran mohon cek di toko elektronik karena saya sudah berkali kali membuatnya dengan modal hanya 6 ribu perak terima kasih atas kunjunganya.

      Delete
    2. perhatikan baik baik transistor mosfet atau fet,jika anda belinya bilang transistor dengan seri di atas ya takkan menjumpai ,bilang fet atau transistor musfet

      Delete
  6. aman nggak nie mas,nggak ngerusak baterai hp nie

    ReplyDelete
  7. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete