Searching...
Monday, 12 May 2014

servis bor tangan

memperbaiki bor tangan, untuk memperbaiki mesin bor mungkin tak akan begitu sulit karena komponen yang ada hanya beberapa alat mekanis saja ,maka di sisni admin hanya akan membahas tentang kerusakan yang bersifat umum pada mesin teknik  bor tangan ini,
beberapa kerusakan mesin bor tangan
pertama
mesin mati
cek arus dari kontak mungkin kabel ada yang putus anda dapat mengukurnya dengan multi tester,cek resestensi pada kabel tersebut ,caranya
tempelkan multitester yang telah di atur pada x1 ohm lalu tempelkan jarum merah pada ujung kontak sedang colokan hitam pada ujung kabel yang satu jika jarum multi tester bergerak berarti kabel baik cek kabel satunya lagi.
jika kabel kontak baik  periksa arang sikat nya bila habis ganti
periksa lilitan rotor nya anda bisa gunakan multi tester untuk mengetahui putus apa tidaknya caranya sama seperti mengecek kabel di atas.
cek rotor dan setatornya bila adda tanda terbakar ganti.
kedua
bor tangan tenaganya lemah
cara mengatasinya cek laker apakah sudah aus / speling bila iya ganti laker ,laker yang aus atau speling [ oblak } akan berdampak pada gesekan sehingga tenaga akan hilang
cek kondensatornya ,kondensator yang mati atau aus akna berdampak tenaga berkurang
caranya gunakan multi tester atur pada x1ohm tempelkan jarum merah pada kaki positif dan jarum hitam pada negatif kaki kondensator bila saat di ukur jarum bergerak lalu turun perlahan berarti kondensator baik namun jika tak bergerak atau bergerak tak turun turun lagi gantimkondensator,kondensator rusak juga dapat memunculkan bunga api pada kabel yang terhubung dengan mesin dan akan berakibat mesin cepat rusak atau mati,admin ketrampilanpekerjaanteknik.blogspot.com sering pula dapat kasus semacam ini.
ketiga
bor tangan berisik
bor tangan berisik bisa di karenakan laher yang aus ,beri pelumas atau ganti,gesekan pada rotor dan setatornya juga bisa berdampak suara nguuuk nguuuk ,mengingat begitu pentingnya laker pada alat ini maka periksa dan berilah pelumas secara kontinu.
keempat
bor tangan kadang hidup kadang mati
periksa saklar atau kabel kontaknya ,jika di dapati rusak ganti .
demikian ulasan admin www.ketrampilanpekerjaan teknik tentang servius bor tangan ,semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. mkasih infonya gan sangat membantu

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saya punya sebuah bor listrik. Baru beberapa kali dipakai. Kini, kalau dipakai, mengeluarkan asap. Apa penyebabnya, ya? Komponen apa yang harus diganti?

    Terimakasih.

    ReplyDelete