Searching...
Friday, 30 May 2014

cara memasang baja ringan

cara memasang baja ringan sebagai rangka atap suatu bangunan ada dua macam yaitu
tanpa kuda kuda
menggunakan sistem kuda kuda

pemasangan baja ringan tanpa kuda kuda

pemasangan baja ringan tanpa kuda kuda di terapkan pada suatu bangunan di mana bangunan tersebut kuda kudanya menggunakan cor beton ,jadi baja ringan hanya di gunakan sebagai kaso { usuk } dan reng saja .
sistem pemasanganya tentu akan lebih mudah bagaimana caranya ikuti langkah di bawah ini

1 siapkan bahan yang di perlukan,meliputi




kanal c/ kaso baja ringan
reng baja ringan
baut reng
baut kanal c
dinalbolt

2 siapkan alat

bur bolak balik di pasaran harga bur bolak balik sekitarRP 150 000 sampai RP 500 000
mata kunci baut harga kunci ini sekitar RP 20 000 sampai RP 100 000
mata bur pelilit
gunting baja ringan ,di pasaran harga gunting  baja ringan kira kira RP 80 000 sampai 250 000
kunci sok 10 mm
kontak listrik

cara pemasangan

adapun  proses pemasanganya adalah sebagai berikut
pertama
membuat sepatu

sepatu ini berfungsi sebagai penyangga kanal c / kaso nya,cara membuatnya cukup mudah,
potong kanal c sepanjang 15 sampai 20 cm ,lalu potong kedua sayapnya beri jarak 5 cm dari sjung lihat gambar ,lalu tekuk kemudian anda baut sehingga berbentuk L.
buat sepatu secukupnya,setelah itu lubangi sepatu tersebut untuk memasukkan dinalbot sebagai pengunci sepatunya,
cara melubanginya  anda bisa menggunakan baut kanal c dengan cara di burkan sambil di putar putar perkira kirakan lubang nya jangan sampai lubang tersebut lebih dari 10 mm.
setelah sepatu di buat ukurlah jarak pemasangan kaso / usuknya jarak standar biasanya sekitar 120 cm,setiap 120 cm pasanglah sepatunya ,
caranya
lubangi balok tempelkan sepatu
masukkan dinalbold pada lubang sepatu
palu dinalbold agar masuk lubang lalu kencangkan baut dengan kunci agar dinalbold mengembang.

pasang sepatu pada masing masing balok gantung,pasang terlebih dahulu kedua ujungnya lalu tarik benang

,nah sekarang tinggal pasang kanal c atau usuknya ratakan tingginya sesuai benang tadi setelah selesai tinggal

pasang reng dengan jarak sesuai gentengnya.

cara memasang baja ringan dengan sistem kuda kuda

kuda kuda baja ringan berfungsi sebagai usuk ,cara pemasanganya buatlah kuda kuda sesuai gambar di bawah ini
.
dan cara membuat sambunganya adalah sebagai berikut lihat gambar

 perhatikan betul caranya dari gambar di atas buat sesuai ukuran bangunan
setelah jadi buat sepatu lihat contohnya diatas lalu pasang

ukur jarak kuda 2 maksimal 120cm,pasang kuda 2 pada  ujung bangunan lebih dahulu lalu tarik benang baut kuda 2 pada sepatu,lalu pasang kuda 2 lainya di tengah nya ketinggan mengikuti tarikan benag lalu pasang reng sesuai ukuran gentengnya demikian ulasan cara memasang baja ringan ,
ADMIN ADALAH PEMBORONG BAJA RINGAN AKTIF DAN SIAP MENGERJAKAN PEMASANGAN BAJA RINGAN HUBUNGI 085327765095 semoga bermanfaat.


25 komentar:

  1. wah, selain ngajar mas ali imron juga pemborong baja ringan ya. manteb, bagi-bagi job dong mas :)

    ReplyDelete
  2. kalo belum kenal baja pasti di awal-awal pemasangan agak-agak rumit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tapi kalo sudah dpernah satu kali saja insya allah bisa

      Delete
    2. apalagi kalau seperti saya coba...belum kenalan sama sekali...masa?

      Delete
  3. he he profesi lama kang ucup kuli bangunan

    ReplyDelete
  4. Ternyata segala sesuatunya bila tahu teknik ilmu dasarnya pasti mudah ya Kang, apalagi memasang baja ringan yang di anggap susah dengan orang awam seperti saya. Terimakasih tutorialnya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. BETUL MAS INDRA THANK ATAS KESEDIAANYA MAMPIR DI BLOGG INI

      Delete
  5. melihat judulnya bingung, setelah liat fotonya baru tahu hehe ..

    ReplyDelete
  6. semoga menanmbah wawasan tentang baja ringan ,mbak

    ReplyDelete
  7. paling tidak buat pengetahuan mas

    ReplyDelete
  8. makasih info nya mas... mau tanya nih, tau cara menghitung rumus jurai gak ? gimana menghitung untuk pembuatan kuda-kuda TG nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas ,untuk rumus jurai sebenarnya kita bisa menggunakan rumus pitagoras ,namun pada praktek kerja saya tak mau menggunakan rumus itu saya lebih senang mengukur secara langsung ,dengan cara memasang kuda kudanya terlebih dahulu ,baru setelah itutinggal ukur kemiringan / jurainya dan tinggal kita samakan saja jurai lainya asal jarak pengukuran sama maka dah pasti ketemu

      Delete
    2. untuk pertanyaan kedua rumus kuda 2 mohon maaf ini untuk menghitung jumlah kanal c atau jaraknya ya mas,mohon sepesifikasinya agar kita bisa musyawarahkan di sini

      Delete
  9. bang ali maaf mo tanya neh... klw untuk kuda2 canal c nya ga usah di double yah? mks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak usah mas kecuali bentangan ruangan sangat poanjang dan tak ada tiangpenyangga ,namun untuk bangunan biasa seperti rumah dan sekolah tak usah di dobel

      Delete
  10. salam kenal mas ali.. klo boleh tau, mas ali terima borong tenaga saja atau dengan materialnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas michi telah berkenan berkomentar di cara memasang baja ringan ,kami merupakan pemborong pemasangan baja ringan beserta materialnya mas

      Delete
  11. Mau tanya mas.. Cara hitung kebutuhan C nya berapa dan kebutuhan reng nya berapa. Gmn cara nya mas..?? Terima kasih sebelum nya mas.

    ReplyDelete
  12. Pembahasan teknik pemasangan rangka atap baja ringan yang sangat lengkap dengan disertai keterangan gambar, jelas dan mudah diikuti telah membantu dan menambah pengetahuan saya. Terima kasih telah berbagi pengetahuan yang sangat bermanfaat. Salam sukses!

    ReplyDelete
  13. Mohon pencerahan. 1. Dalam gambar diatas dijelaskan bahwa kalau bentangannya panjang maka C Truss harus di double. Bagaimana cara men double nya? Berhadap-hadapan sehing membentuk seperti besi hollow? 2. Bagaimana cara menyambung baik C truss maupun reng yg kurang panjang?

    ReplyDelete
  14. ulasannya cukup detail... terima kasih sharing ilmunya...

    ReplyDelete
  15. Keterangan dlm gambar pembuatan sepatu kurang jelas dan tidak terbaca.. :(

    ReplyDelete