sebelum membahas cara mencopot rantai kamprat atau cham cain sebaiknya kita ketahui apa sih rantai kamprat itu ,rantai kamprat merupakan alat sepeda motor yang sangat vital dalam mendukung hidupnya motor,alat ini menjadi penghubung antara kruk as dan noken as ,sehingga terjadi kinerja berurutan di saat posisi seker melakukan kompresi maka katup depan akan tertutup semua lalu terbakar busi dan terjadilah proses kerja berupa ledakan pada mesin,begitupula saat mau membuang asap sisa pembakaran katup buang terbuka dampaknya asap akan keluar menuju kenalpot ,nah agar terjadi urutan semacam ini maka pemmasangan rantai kamprat harus tepat sebab bila tidak ,bisa bisa motor tak hidup malah katup bengkok ,apa bila anda ingin mengganti rantai kamprat ikutilah panduanya seperti di bawah ini.
pertama
buka baut tutup kamprat nya liat gambar
selanjut nya bila baut telah lepas, copot tutup kamprat nya
selanjutnya kita tinggal lihat topnya hal ini agar kita nanti tak usah mengatur noken as nya lagi saat pemasangan,caranya buka tutup kecil pada blok genarator nah dalam tempat tutup tersebut akan ada goresan kecil yang di buat oleh pabrik nya
lalu putar perlahan magnet menggunakan starter manual nya hingga di dapati tulisan hurup T pada magnet tepat pada goresan di tempat tutup tadi dan perhhatikan pada ger kamprat posisi titik top harus sesuai seperti gambar di bawah
jika posisi top telah tepat sekarang buka tutup magnet motor anda
lalu buka baut magnet kemudian buka magnetnya menggunakan trakker magnet sesuaikan trakker dengan magnetnya.
usahakan agar magnet tak berputar agar top yang sudah di atur di awal tak berubah.
setelah magnet terlepas buka spinya kalau susah dorong dengan obeng
stelah itu copot spi motor starter gunakan tang runcing untuk membukanya
lalu buka gir serta rantai motor starternya
setelah itu buka baut atau skrup yang menempel pada tutup blok tengah kemudian buka menggunakan tang jepit sambil di tarik dan ungkit pakai obeng men atau pipih
kemudian copot baut ger kamprat depan dari noken as nyalalu lepas gear kampratnya,
kemudian copot baut karet kamprat nya,kemudian tarik ranttai kamprat kekanan untuk mencopot rantai kampratnya
kini rantai kamprat telah terlepas dan tingal anda ganti dengan rantai kamprat yang baru ,bersambung ke cara memasang rantai kamprat.
pertama
buka baut tutup kamprat nya liat gambar
selanjut nya bila baut telah lepas, copot tutup kamprat nya
selanjutnya kita tinggal lihat topnya hal ini agar kita nanti tak usah mengatur noken as nya lagi saat pemasangan,caranya buka tutup kecil pada blok genarator nah dalam tempat tutup tersebut akan ada goresan kecil yang di buat oleh pabrik nya
lalu putar perlahan magnet menggunakan starter manual nya hingga di dapati tulisan hurup T pada magnet tepat pada goresan di tempat tutup tadi dan perhhatikan pada ger kamprat posisi titik top harus sesuai seperti gambar di bawah
jika posisi top telah tepat sekarang buka tutup magnet motor anda
lalu buka baut magnet kemudian buka magnetnya menggunakan trakker magnet sesuaikan trakker dengan magnetnya.
usahakan agar magnet tak berputar agar top yang sudah di atur di awal tak berubah.
setelah magnet terlepas buka spinya kalau susah dorong dengan obeng
stelah itu copot spi motor starter gunakan tang runcing untuk membukanya
lalu buka gir serta rantai motor starternya
setelah itu buka baut atau skrup yang menempel pada tutup blok tengah kemudian buka menggunakan tang jepit sambil di tarik dan ungkit pakai obeng men atau pipih
kemudian copot baut ger kamprat depan dari noken as nyalalu lepas gear kampratnya,
kemudian copot baut karet kamprat nya,kemudian tarik ranttai kamprat kekanan untuk mencopot rantai kampratnya
kini rantai kamprat telah terlepas dan tingal anda ganti dengan rantai kamprat yang baru ,bersambung ke cara memasang rantai kamprat.
ampun saya mah kalau soal yang beginian mah...ganti rantai kampar yang adanya di dalem, wong rantai luar ajah saya mah minta tolong ke bengkel atuh kang.
ReplyDelete