Searching...
Thursday, 1 October 2015

cara belajar servis tv secara otodidak

cara belajar elektronika atau menjadi teknisi tv otodidak atau  belajar sendiri merupakan cara yang kadang di pilih oleh beberapa rekan tuser,apakah bisa belajar servis tv secara otodidak ? jawabanya " bisa ".
apa yang tidak bisa di pelajari di dunia ini semua yang kelihatan mata maka asal ada kemauan insya allah bisa di pelajari,lantas bagaimana cara menjadi tukang servis tv secara otodidak di sini admin akan berbagi caranya,adapun prosedur cara menjadi teknisi tv adalah sebagai berikut.


memahami nama dan lambang serta fungsi komponen tv

mempelajari nama atau lambang serta kegunaan komponen tv merupakan dasar awal jika anda ingin menjadi teknisi,sebab dengan mengetahui nama lambang serta kegunaanya akan mempermudah menganalisa serta pergantian sebuah komponen,serta memahami sekema atau jalur rang kaian tv .
sebagai contoh sebuah tv yang mati hanya karena  resistorpada regulator nya pecah untuk mengetahui komponen pengganti tentu anda harus mengetahui makna dari warna yang ada pada resistor tersebut agar anda bisa mengganti nya dengan resistor yang sama,atau jika warnanya telah hilang karena posisi resitor meletus anda harus mengetahui kapasitas komponen tersebut melalui skemanya nah di sinilah manfaat memahami lambang komponen di perlukan sebab tanpa pahan lambangnya maka tidak mungkin anda bisa membaca skema tv nya.

mempelajari metode pengukuran

memahami metode pengukuran mutlak anda harus ketahui jika anda ingin menjadi teknisi tv,terutama pengukuran menggunakan multi tester,sebab untuk menganalisa serta mengetahui kerusakan suatu tv maka di perlukan analisa melalu metode pengukuran ini.
dalam mempelajari metode pengukuran ini di bagi beberapa bagian
pertama
memahami fungsi fungsi serta cara menggunakan multi tester
ada beberapa bagian dalam multi tester ini dan anda harus pahami kegunaan serta nama namanya sebab penggunan multiester meupakan alat vital bagi teknisi televisi ,hp maupun elektronik lainya.
kedua
memahami mengukur resetensi
dengan memahami pengukuran resetensi maka anda dapat memahami jalur rangkain tv rusak atau komponen mati sebagai contoh sebuah esistor pada lambang warnanya di ketahui kapasitas nya 20 ohm misalnya namun saat anda cek menggunakan multi tester ternyata nilainya hanya 5 ohm ini menandakan bahwa resistor tersebut mati dan inilah penyebab masalah pada tv anda.
ketiga
memahami cara mengukur tegangan atau arus
dengan memhami cara mengukur tegangan maka anda akan mengetahui secara pasti penyebba kerusakan pada tv .sebab tv merupakan alat elektronik yang bisa hidup bila mendapat tegangan atau arus listrik,dan suatu rangkain elektronik juga bisa bekerja bila ia mendapat suplai arus listrik atau tegangan ini,sebagai contoh sebuah tv hanya standbay saja tentu saja mengukur tegangan yang kelur dari regulator nya di perlukan ,dan dari sinilah akan kita ketahui penyebabnya bisa jadi ada tegangan yang tak keluar atau tegangan yang keluar tidak sesuai ukuranya.

memahami skema tv

langkah selanjutnya adalah memahami cara membaca skema ,hal ini sangat penting sebab dengan sekema maka kita bisa tahu jalur jalur dari rangkaian tv yang ingin anda perbaiki,terlebih saat ini perubahan besar besaran telah terjadi dari tv analog ke tv digital dengan komponen yang semula besar menjadi kecil dan tentu saja tat kala anda ingin memperbaiki tv namun anda tak tahui jalur skemanya dapat kami katakan seperti orang buta yang ingin mengarungi dunia,sebab hanya dengan memahami cara  membaca skema lah kita bisa tahu rangkaian jalur tv anda,
contoh misalnya tv anda mati spekernya setelah anda periksa ternyata jalur speker ternyata putus nah anda harus tahu tentunya jalur speker tersebut dari mna menuju kemana sehinga anda bisa menyambung jalur speker yang putus tadi.

memahami sitem kerja dari suatu elektronik atau tv

setelah tiga langkah dia atas anda ketahui langkah selanjutnya adalah memahami sistem kerja elektronika seperti tv,sebab hanya dengan mengetahui sitem kerjanya kita akan mengetahui langkah langkah mana yang harus kita cek atau analisa ,dengan demikian anda tak akan salah periksa ,sangat lucukan bila anda seorang dokter ada pasien yang mengeluh sakit kepala yang anda periksa malah perutnya,sama seperti tv juga demikian maka dalam www.ketrampilanpekerjaanteknik.blogspot.co.id ini admin menekankan untuk memahami sungguh sungguh dalam memepelajari sistem kerja tv atau elektronik lainya yang ingin anda perbaiki. demikian uraian kami tentang cara menjadi teknisi tv secara otodidak baik tv analog maupun tv digital atau tv lcd.

3 komentar:

  1. gan mohon penjelasan apa kerusakan nya klo tv gak bisa nangkep sinyal....tanks

    ReplyDelete
  2. gan mohon penjelasan apa kerusakan nya klo tv gak bisa nangkep sinyal....tanks

    ReplyDelete