Searching...
Wednesday 1 May 2013

solusi nokia 3110 c

hmm lama tak posting karna sibuk ,oke bro kali ini ane mau bahas tentang pengalaman ane tentang ngatasi ,nokia 3110 c yang ,mati lampu.hal ini terjadi beberapa hari yang lalu seorang pasien dari bangsri,datang lalu menunjukkan hp pelangganya ,mas tlg serfis hp ini udah saya bawa ke beberapa counter tapi belum jadi.setelah hp ane terima mulai deh ane oprek itu hp pertama saya cek led + nya yang titik ukurnya saya ambil di c 2414 ,setelah anbe ukur resestensinya ternyata ndak ada alias jalur putus ,insting langsung mengarah ke regulatornya n2301sbb komponen ini biasanya sumber biang nya .namun sebelum ane amputasi ane coba cek dulu jalur led + di c2315 dan perlu di ketahui jalur ini akan bertemu dengan c2414 yang saya cek putus tadi, dan ternyata di sini jalur normal ,sambil senyum 2 ,hati ane berkata hmmmm mung kin ini sebabnya ,segera ane jamper c2315 ke c2414,dan ane coba lihat hasilnya bismillah hp ane hidupkan ,daaaaaan loh kok hanya satu led yang nyala itupun redup kaya bulan terhalang mendung ,hmmmm oke deh ane lanjutin ngeceknya ,insting masih mengarah di regulator N2301.namun sebelum ane sikat ini regulator ane coba cek teganganya ,oke hp ane kasih arus pake power suply,dan ane ukur tegangan di c2315 dan ternyata arus ada,ane coba hidupkan hp lagi lalu ane coba cek tegangan  di lednya,dan tegangan terukur hanya 4,3 volt pada hal seharusnya saat led hidup harusnya kisaran tegangan 11 volt, pikiran mengatakan mungkin pembangkit teganganya yang ber masalah, dan pembangkit itu adalah  N2401dan L2403 ,namun sebelum ane otak atik kedua komponen ini ane coba cek jalur led - nya di titik pengukuran di J2420 (walaupun jalur ini jarang putus )dan ane coba ukur resestensinya ,dan ternyata resestensinya dak ada  alias putus segera ane ambil pinset /penjepit ,ujung yang stu ane tempelin di - led dan ujung satunya lagi ane tempelin di ground dan nnnnnnnnnnnnnnnnnnnn mak byar rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr wala dalah ternyata ini biangnya ya udah ane jumper aja - led ke ground dan kasus selesai.daaaaaaaan tahu sendiri lah kelanjutanya . moga bermanfaat  wasallam

0 komentar:

Post a Comment