Searching...
Monday, 2 July 2012

tips atasi bau kulkas

Lemari pendingin atau kulkas dimiliki oleh hampir setiap rumah tangga.Fungsinya sudah pasti untuk mengawetkan makanan baik yang sudah matang atau pun yang mentah melalui proses pendinginan (pembekuan). Selain itu kulkas juga berfungsi untuk mendinginkan makanan atau minuman yang memang hendak disajikan dalam bentuk dingin.

Namun terkadang yang tidak pernah terpikirkan adalah hampir semua benda bahan makanan selalu kita masukkan ke dalam kulkas. Tak jarang kita masukkan bahan-bahan berupa daging,ikan segar seperti udang dengan maksud disimpan untuk di kemudian hari dimasak. Bahkan terkadang sisa makanan pun secara tidak sadar kita simpan sementara ke dalam lemari es untuk dapat dikonsumsi pada waktu berikutnya. Bila kita perhatikan, kebiasaan-kebiasaan tersebut ternyata dapat menyebabkan lemari pendingin menjadi bau mengeluarkan aroma yang sangat tak sedap.

Pengaruh aroma tak sedap tersebut ternyata tidak hanya sebatas pada udara dalam lemari es tetapi lebih dari pada itu akan menularkan bau pada beberapa bahan makanan atau bahkan makanan yang bersama-sama tersimpan. Untuk mencegah bau tak sedap tersebut, saat ini untuk praktisnya sudah banyak dijual beberapa merk pengharum lemari pendingan. Namun kita belum mengetahui pengaruh atau efek samping dari bahan pengharum tersebut terhadap bahan makanan yang disimpan. Berikut beberapa cara sederhana dan murah untuk mengatasi bau tak sedap tersebut:

1. Biasakan selalu membersihkan lemari pendingin khususnya pada bagian penyimpanan (storage) secara berkala. Bersihkan kotoran bekas bahan makan yang menempel pada tempat penyimpanan dengan kain basah dan ulangi bila perlu sampai benar-benar hilang. Pada bagian frezzer, bila terdapat kotoran berupa minyak ikan atau daging yang terlanjur ikut membeku, putar tombol pengatur suhu (termostat) pada posisi off untuk melelehkan sekaligus menghilangkan bunga es. Setelah berair, bersihkan kotoran dan air yang ada yang ada hingga bersih lalu kembali putar tombol untuk mengaktifkan kembali proses pendinginan.

2. Dalam kondisi yang sudah sangat bau akibat terlalu lamanya berbagai jenis bahan makanan yang tersimpan dalam lemari pendingin, keluarkan semua bahan, bersihkan dan matikan lemari pendingin dari listrik, bersihkan dengan air sabun menggunakan lap. Pada bilasan terakhir tambahkan perasan jeruk nipis, lalu keringkan, dan setelah itu masukan dan letakkan sisa jeruk nipis tadi pada beberapa tempat dan biarkan pintunya terbuka selama semalaman. (Untuk membersihkan jamur berwarna hitam yang biasa muncul di bagian karet pada pintu gunakan cuka masak, gosokkan pada bagian tersebut hingga bersih).

3. Cara lain membersihkan dan menghilangkan bau adalah dengan menggunakan campuran 2-3 sendok teh bikarbonat dengan satu liter air, gunakan dengan lap kain untuk membersihkan seluruh bagian dalam lemari pendingin.

4. Gunakan selalu arang, ampas kopi atau ampas daun teh yang sudah dikeringkan (pilih salah satu) untuk mencegah timbulnya bau tak sedap. Bahan-bahan ini dapat menyerap bau hingga aroma tak sedap hilang, untuk pemakaian normal gantilah bahan-bahan tersebut seminggu sekali, untuk arang dapat digunakan lebih lama.

5. Untuk mencegah timbulnya bau, keluarkan bahan-bahan yang sudah terlalu lama tersimpan atau kadaluarsa. Masukkan bahan-bahan yang mengeluarkan aroma kuat ke dalam kemasan berupa wadah tertutup sebelum dimasukkan kedalam lemari pendingin. Untuk sayuran masukkan ke dalam plastik dan terikat. Demikian halnya untuk daging dan ikan seperti udang, masukkan kedalam plasti yang berlapis dan pastikan tertutup dan terikat sebelum dimasukkan ke dalam frezzer. Jangan memasukkan makan yang sudah jadi dalam kondisi yang masih panas. Terakhir, hindari penyimpanan bahan-bahan makan terlalu lama baik dalam frezzer maupun dalam tempat penyimpanan
KOMPAS.com - Banyaknya bahan makanan dari berbagai jenis yang dimasukkan ke dalam lemari es, tak jarang membuat lemari es menjadi mudah bau. Bahkan aromanya kadang begitu menyengat sehingga tak juga hilang setelah berhari-hari. Untuk menghilangkan bau dari dalam lemari es, simak beberapa bahan yang dapat berfungsi sebagai "penyerap bau".
1. Kopi. Ambil beberapa sendok bubuk kopi, letakkan dalam wadah, dan masukkan ke dalam lemari es. Bubuk kopi akan menyerap aroma kurang sedap dari lemari es. Setelah beberapa hari, ambil bubuk kopi tersebut, dan gantilah dengan yang baru.

2. Teh celup.
Selain kopi, teh celup yang diletakkan dalam lemari es juga bisa menghilangkan bau kulkas.

3. Perasan lemon. Oleskan perasan lemon pada kain pembersih ataupun spons bersih, dan letakkan dalam lemari es selama beberapa jam.

4. Jus tomat.
Tuangkan sedikit jus tomat pada spons pembersih, kemudian lap semua bagian dinding lemari es. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan.

5. Soda kue.
Keluarkan semua isi lemari es, kemudian lap seluruh bagian lemari es dengan spons yang sudah ditaburi soda kue dengan tambahan sedikit air. Keringkan, lalu simpan sedikit soda kue di dalam lemari es untuk menyerap bau.
6. Bersihkan isi lemari es. Salah satu penyebab bau lemari es adalah karena jarang dibersihkan. Bersihkan kulkas minimal sebulan sekali agar tetap terjaga kebersihannya dan bebas bau.
(Dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment